Apa Kabar Oscar Robertson? Orang Pertama yang Cetak Statistik Triple-Double dalam Semusim

Jumat, 17 Juli 2020 00:05 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Oscar Palmer Robertson merupakan legenda NBA yang memiliki karier cemerlang. Dia dikenal sebagai pemain serbabisa saat masih aktif bermain.

Oscar Robertson hanya bermain untuk dua tim NBA, yakni Cincinnati Royals (saat ini Sacramento Kings) dan Milwaukee Bucks selama karier profesionalnya.

Selama itu, pemain yang memiliki julukan 'Big O' tersebut berhasil meraih banyak prestasi baik individu maupun tim. Oscar Robertson sendiri masuk NBA setelah dipilih Cincinnati Royals pada 1960.

Di tahun pertamanya, Robertson sudah tampil menggila dengan catatan 30,5 poin, 10,1 rebound, dan 9,7 assist per pertandingan. Alhasil ia meraih penghargaan rookie of the year pada 1961.

Berpostur tinggi besar, Oscar Robertson ternyata memiliki posisi sebagai point guard. Ia merupakan point guard bertubuh besar jauh sebelum masa Magic Johnson.

Robertson pun merupakan pemain serbaguna yang bisa mencetak skor, memberikan assist, dan handal dengan rebound. Ia bisa menjadi standar kehebatan di NBA.

"Seberapa bagus di (Robertson) Dia begitu hebat hingga membuat ku takut," ucap mantan pelatih legendaris Boston Celtics, Red Auerbach dikutip dari nba.com.

Oscar Robertson sendiri bermain selama 10 tahun bersama Royals. Sayangnya, ia belum merasakan menjadi juara dengan Royals dan akhirnya pindah karena hubungannya retak dengan pelatih Bob Cousy.

Hingga akhirnya membuat Big O minta pindah dan Royals mengirimnya ke Milwaukee Bucks pada 1970. Nah, di musim pertama bersama Bucks Robertson akhirnya mendapatkan cincin juara NBA pertama dan satu-satunya.

Selain menyabet satu kali gelar juara, Oscar Robertson memiliki segudang prestasi individu seperti menjadi MVP NBA pada 1964. Big O juga bermain 12 kali di NBA All-Star serta enam kali menjadi assist leader.