Resmi, IBL Batal Lanjutkan Kompetisi Musim 2020

Rabu, 7 Oktober 2020 16:14 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© iblindonesia.com
Operator Liga Bola Basket Indonesia (IBL) resmi membatalkan rencana kelanjutan kompetisi musim 2020 yang semula akan digelar di Jakarta, 13-27 Oktober. Copyright: © iblindonesia.com
Operator Liga Bola Basket Indonesia (IBL) resmi membatalkan rencana kelanjutan kompetisi musim 2020 yang semula akan digelar di Jakarta, 13-27 Oktober.

INDOSPORT.COM –  Operator Liga Bola Basket Indonesia (IBL) resmi membatalkan rencana kelanjutan kompetisi musim 2020 yang semula akan digelar di Mahaka Square Arena Jakarta, 13-27 Oktober.

Direktur IBL Junas Miradiarsyah dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (07/10/20) mengatakan keputusan tersebut merupakan yang terbaik saat ini mengingat jumlah kasus wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia masih tinggi.

“Kami melihat situasi terakhir dan kami ingin mendukung pemerintah (menekan laju penularan COVID-19). Kami memahami dan telah melakukan diskusi internal bersama klub bahwa untuk IBL musim 2020 harus kami batalkan,” kata Junas, dilansir dari laman Antara.

“Ini dilakukan untuk mendukung agar semuanya diberikan kesehatan dan keselamatan,” tambahnya.

Setelah ditangguhkan sejak Maret lalu, rencana IBL untuk melanjutkan liga sudah tertunda dua kali. Kompetisi musim 2020 awalnya dijadwalkan digelar pada 4 September hingga 5 Oktober, dengan Jakarta dan Yogyakarta sebagai opsi kota penyelenggaraan.

Akan tetapi jadwal kelanjutan liga kembali diundurkan dengan maksud agar para klub peserta IBL memiliki waktu lebih untuk persiapan. Operator pun memutuskan untuk menjadwal ulang kompetisi menjadi 13-27 Oktober di Mahaka Square Arena Jakarta tanpa penonton.

Rencana IBL untuk menggulirkan kompetisi disambut baik oleh pemerintah. IBL bahkan telah mengantongi surat rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kedua pihak sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang penyelenggaraan olahraga yang aman COVID-19. Kerja sama itu merupakan komitmen penyelenggara dalam menjamin pelaksanaan kompetisi dengan memperhatikan secara penuh protokol kesehatan.

“Kami berterima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah memastikan bahwa protokol telah dijalankan dengan disiplin yang baik,” pungkasnya.