4 Pemain Terakhir yang Menyandang Gelar Terbaik dari Draft NBA

Rabu, 11 November 2020 17:36 WIB
Editor: Juni Adi
© nba.com
Logo NBA, kompetisi bergengsi basket asal Amerika Serikat. Copyright: © nba.com
Logo NBA, kompetisi bergengsi basket asal Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Penobatan gelar pemain terbaik dari Draft NBA musim 2021 semakin mendekati pengumumannya. Setiap tim akan memilih calon pemainnya masing-masing yang dianggap akan memiliki masa depan cerah.

Tak ada pemain yang sempurna dan tidak ada yang mengetahui pasti apakah proyeksi dari tim-tim terhadap para pemain incarannya tersebut akan berhasil atau tidak.

Terlepas dari hal tersebut, dengan Draft NBA 2020 yang akan segera bergulir, mari menengok kembali kepada empat orang pemain yang meraih gelar terbaik dari momen ini selama empat musim terakhir.

1. 2019: Ja Morant, Memphis Grizzlies (No. 2 Overall)

Morant merupakan seorang pemenang Kia Rookie of the Year. Dia sukses mengantarkan Grizzlies untuk menjadi jauh kompetitif ketimbang bayangan siapa pun pada musim pertamanya, setelah mencetak rataan 17,8 poin dan 7,3 assist.

Pemain fenomenal New Orleans Pelicans, Zion Williamson, merupakan penantang utama dalam hal ini, namun Morant lebih unggul untuk saat ini.

Selagi beberapa pesaing lainnya di antara lain adalah Tyler Herro (nomor 13) dari Miami Heat dan juga Brandon Clarke (nomor 21) dari Memphis Grizzlies.

2. 2018: Luka Doncic, Dallas Mavericks (No. 3 Overall)

Doncic menjadi seorang wonderkid bagi Mavericks setelah menjadi sensasi pada Kia Rookie of the Year, dengan penobatan sebagai Kia MVP pada musim keduanya.

Postur tubuhnya, kemampuan untuk mencetak poin, dan meraih status triple-double telah mengangkat derajatnya untuk bisa selevel dengan jajaran elite dalam hanya 139 pertandingan dari musim reguler dan playoff.

Sementara untuk pesaing lainnya dari tahun yang sama adalah Trae Young (nomor 5) dari Atlanta, Jaren Jackson Jr. (nomor 4) dari Memphis, dan juga Shai Gilgeous-Alexander (nomor 11) dari LA Clippers.

3. 2017: Jayson Tatum, Boston Celtic (No. 3 Overall)

Danny Ainge memang benar. Tatum merupakan sosok dari draft tahun 2017 yang tidak memenuhi sebuah konsensus untuk menjadi top pick pada prosesnya.

Tatum merupakan seorang pencetak poin dan perimeter yang akan sangat berguna pada hari baiknya, karena postur tubuh dan keserbabisaannya. Dia juga dikenal sebagai seorang pemain prime-time untuk postseason, ketika standar meninggi.

Pesaing lainnya pada tahun yang sama di antara lain adalah De'Aaron Fox dari Sacramento (nomor 5), kemudian Donovan Mitchell (nomor 13) dari Utah, dan Bam Adebayo (nomor 14) dari Miami.

4. 2016: Ben Simmons, Philadelphia 76ers (No. 1 Overall)

Untuk segala perdebatan soal kemampuan menembaknya, Simmons masih menjadi salah satu pemain dengan spesimen fisik yang paling unik di liga basket terbaik Amerika Serikat.

Seorang penampil All-NBA dan kandidat Kia Defensive Player of the Year, Simmons masih belum bisa meningkatkan kemampuannya mencetak poin. 

Jika dia mampu menjaga dirinya tetap bugar dan pelatih baru Sixers, Doc Rivers, mampu meningkatkan level permainannya, maka dia bisa menjadi kandidat Kia MVP di masa depan.

Beberapa pesaing lain di antaranya adalah Brandon Ingram (nomor 2) dari LA Lakers, Jaylen Brown (nomor 3) dari Boston, Jamal Murray (nomor 7) dari Denver, dan Pascal Siakam (nomor 27) dari Toronto.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%