In-depth

5 Shooting Guard Terbaik NBA Sepanjang Masa: Kobe atau Jordan?

Senin, 9 November 2020 16:20 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sepanjang sejarah perhelatan kompetisi basket NBA, terdapat beberapa pemain di posisi shooting guard yang layak disebut terbaik sepanjang masa. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sepanjang sejarah perhelatan kompetisi basket NBA, terdapat beberapa pemain di posisi shooting guard yang layak disebut terbaik sepanjang masa.

INDOSPORT.COM - Sepanjang sejarah perhelatan kompetisi basket NBA, terdapat beberapa pemain di posisi shooting guard yang layak disebut terbaik sepanjang masa.

Dalam kompetisi olahraga yang tidak bersifat individual alias tim, setiap pemain pasti memiliki posisi berbeda untuk menentukan tugas saat bertanding.

Hal itu pun berlaku dalam kompetisi basket yang dalam satu timnya terdiri dari lima orang. Kelima pemain dalam tim tersebut pun memiliki posisi yang berbeda satu sama lain.

Meskipun berbeda, kelima posisi itu memiliki tugas yang berkesinambungan satu sama lain dan tentunya bisa kompak dalam mencapai target kemenangan atas lawan.

Secara garis besar, pemain basket dibagi ke dalam lima posisi berbeda. Posisi itu antara lain, center, small forward, power forward, point guard, dan shooting guard. Dalam artikel ini, kita akan lebih membahas soal posisi shooting guard.

Dalam prakteknya shooting guard bisa dibilang merupakan andalan utama sebuah tim dalam urusan mencetak angka. Bahkan di beberapa tim, pemain di posisi shooting guard kerap disamakan dengan kartu As.

Biasanya pemain di posisi point guard memiliki tubuh yang cukup tinggi. Di NBA, sebagai kompetisi basket paling bergengsi, biasanya posisi point guard ditempati pemain dengan tinggi 191--201 centimeter.

Berbeda dengan small forward yang juga memiliki tugas untuk mencetak poin dari jarak dekat, seorang shooting guard lebih diandalkan dalam urusan mencetak poin lewat lemparan jarak jauh.

Tak hanya itu, shooting guard juga lebih dituntut untuk bisa mencari celah kosong untuk melakukan tembakan tanpa banyak pergerakan. Itu jelas berbeda dengan small forward yang lebih dituntut untuk inisiatif membuka peluang.

Saat tim dalam kondisi tengah bertahan, seorang shooting guard biasanya akan menjaga wilayah di luar lemparan tiga pon. Ia bertugas untuk menggangu konsentrasi pemain lawan yang coba melakukan tembakan agar gagal masuk ke ring.

Selama perjalanan kompetisi NBA, banyak bermunculan pemain basket yang menempati posisi shooting guard. Namun, hanya beberapa saja yang layak disebut terbaik.

Berikut ini redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum lima shooting guard terbaik yang pernah ada dalam sejarah NBA:

5. Klay Thompson

© Ezra Shaw/Getty Images
Pemain tim basket NBA Golden State Warriors, Klay Thompson. Copyright: Ezra Shaw/Getty ImagesPemain tim basket NBA Golden State Warriors, Klay Thompson.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Peribahasa itu sangat tepat menggambarkan performa Klay Thompson dalam kariernya sebagai pebasket di kancah NBA.

Anak dari legenda San Antonio Spurs, Mychal Thompson itu merupakan salah satu shooter terbaik NBA saat ini. Semenjak memperkuat Golden State Warriors pada 2011 lalu, ia menjelma jadi pencetak tiga poin menakutkan bagi lawan-lawannya.

Pada 2014 lalu, bersama dengan Stephen Curry, Klay Thompson membuat sejarah baru di NBA dengan koleksi 484 tembakan tiga poin dalam semusim. Keduanya sejak saat itu diuluki Splash Brothers.

Klay Thompson sendiri merupakan salah satu shooting guard andalan andalan Steve Kerr di Warriors, yang sukses meraih tiga gelar juara NBA dalam lima tahun terakhir.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%