Ini Cara Pelatih Prawira Bandung Menjaga Motivasi Pemainnya

Jumat, 12 Februari 2021 04:02 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Media officer Prawira Bandung
Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi (kedua dari kiri) bersama pemainnya. Copyright: © Media officer Prawira Bandung
Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi (kedua dari kiri) bersama pemainnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi, memiliki cara untuk menjaga pemainnya tetap semangat dan tidak merasa jenuh, sambil menunggu kepastian bergulirnya kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2021.

Menurut Andre, tim Prawira Bandung sering dibawa olehnya untuk menjalankan program di luar lapangan basket, dengan berbagi variasi latihan yang dijalankan.

Sebelumnya, Andre mengatakan ada rasa kekhawatiran motivasi pemainnya menurun dengan belum adanya kepastian mengenai kompetisi IBL 2021

Apalagi, timnya sebelumnya sudah mempersiapkan diri dengan matang untuk mengarungi IBL 2021 yang akan digelar pada 15 Januari 2021. Namun, mendekati tanggal kompetisi diputuskan IBL 2021 ditunda sehubungan dengan situasi dan kondisi pandemi COVID-19.

"Ya, kita mencoba untuk lebih banyak aktivitas-aktivitas yang tidak melulu dilapangan basket. Semacam banyak bermain di game-game, tidak melulu kita lakukan drill drill, tapi game," ucap Andre Yuwadi.

"Dan program dari Prawira sendiri ada yoga, ada recovery, fitness, gym, jadi aktivitasnya kita lebih bikin gak melulu di lapangan basket, sehingga mengantisipasi kejenuhan," jelasnya Andre menambahkan.

Meski memberikan beberapa variasi latihan di luar lapangan basket, Andre tetap mengingatkan pemainnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pasalnya, pandemi corona atau covid-19 masih belum terkendali dan kasusnya di Indonesia masih meningkat.

"Tapi lepas dari itu kita harus tetap hati-hati, karena kondisinya lagi pandemi ini. Jadi kita harus hati-hati untuk aktivitas juga," ucap Andre Yuwadi.

Pada IBL 2021, Prawira Bandung akan berada pada Divisi Putih bersama NSH Mountain Gold, Satria Muda Pertamina, Amartha Hangtuah, West Bandits Solo dan Indonesia Patriots.

Sementara itu, setelah ditunda dari 15 Januari 2021 lalu, IBL 2021 rencananya akan digelar pada Maret 2021. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai tanggal digelarnya kompetisi basket di Indonesia.