Resmi, Perbasi Naturalisasi 3 Pebasket Jangkung untuk Timnas Indonesia

Senin, 19 Juli 2021 19:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PP Perbasi
Tiga pebasket naturalisasi Indonesia, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden. Copyright: © PP Perbasi
Tiga pebasket naturalisasi Indonesia, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden.

INDOSPORT.COM - Tuntas sudah proses naturalisasi tiga pemain asing untuk timnas basket Indonesia. Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden telah diambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kemenkuham DKI Jakarta, Senin (19/7/21).

Kegiatan berlangsung dengan khidmat dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pembacaan naskah pelantikan serta pembacaan janji setia kepada negara.

Sesi ini dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chulun, serta dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Sutirah.

Ketiga pemain naturalisasi tersebut saat diambil sumpah sebagai WNI memakai setelan jas hitam, kemeja putih, dasi berwarna merah, plus berpeci. Mereka juga melengkapi diri dengan mengenakan masker dan sarung tangan putih sebagai bentuk penegakan protokol kesehatan.

"Mereka sangat bahagia dan bangga karena kini sudah resmi menjadi WNI," terang manajer timnas basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella. 

"Mereka bertekad memberikan segala kemampuannya di atas lapangan untuk Indonesia dan berusaha semaksimal mungkin demi mengharumkan nama negara di level international," cetusnya.

Dikatakan pria yang kasib disapa Mocha itu, kontribusi ketiga pemain naturalisasi ini akan dilihat pada ajang FIBA Asia Cup 2021, Agustus nanti. 

Mereka akan berkolaborasi dengan Lester Prosper dan Brandon Jawato. Kedua nama terakhir juga bergabung dengan timnas basket Indonesia melalui jalur naturalisasi.

Selama ini, mereka sudah berlatih bersama timnas basket Indonesia untuk menyambut FIBA Asia Cup 2021. Bahkan, Prosper dan Jawato sudah pernah membela Merah Putih pada ajang Kualifikasi FIBA Asia Cup. 

"Dengan gabungnya ketiga naturalisasi ini, kami sangat optimistis bisa bermain di FIBA World Cup 2023 dengan menembus peringkat kedelapan di FIBA Asia Cup nanti," tegas Mocha.