Perbasi Kirim Timnas di FIBA 3x3 World Cup U-18

Rabu, 11 Agustus 2021 18:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memperkenalkan logo baru untuk Timnas Indonesia. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memperkenalkan logo baru untuk Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - PP Perbasi membentuk Timnas Bola Basket Junior untuk diterjunkan pada FIBA 3x3 World Cup U-18 di Debrecen, Hungaria, 24-29 Agustus 2021. Tak tanggung-tanggung, Perbasi mengirim dua timnas sekaligus, yakni Timnas Putra dan Putri.

Untuk Timnas Bola Basket U-18 puteri diperkuat Angelica Jennifer Candra, Vanissa Renata Siregar, Syarafina Ayasa Sjahril, dan Margareth Rachel Janna. Mereka dipimpin Kepala Bidang Kepelatihan PP Perbasi Taufik Saleh sebagai team delegate. 

Kemudian untuk Timnas Bola Basket U-18 Putera dipimpin Syafiq Ali Mubarak dengan pemain Rafael Pasha, Franciscus Gerick Fernando, Aaron Nathanael, dan Mikail Jaydra Muhammad. Kedua timnas ini sudah berlatih sejam 8 Agustus 2021 di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat. 

"Para pemain berlatih sampai 21 Agustus karena 22 Agustus sudah harus bertolak ke Hungaria. Merekalah yang akan mewakili Indonesia di FIBA 3x3 World Cup U-18 karena tidak ada promosi dan degradasi dalam training center ini," terang Njoo Lie Wen, Ketua Badan Tim Nasional Junior PP Perbasi.

Lanjutnya, pada keikutsertaan kali ini, diharapkan para pemain mendapat pengalaman bermain dengan pemain terbaik di dunia. Lebih dari itu, mereka bisa merasakan seperti apa level 3x3 U-18 World Cup. Dengan begitu, ajang ini bisa menjadi tolok ukur untuk mau berkembang lebih jauh lagi.

Ditambahkan Team Delegate Timnas Bola Basket U-18 Putera Taufik Saleh, pemilihan pemain dalam timnas ini kewenangannya ada di Badan Tim Nasional Junior PP Perbasi. Mereka dipercaya mewakili Indonesia karena sebelumnya sudah terpantau dan tersedia karena lolos kualifikasi dan terverifikasi oleh sistem FIBA 3x3. 

"Ini karena pemilihan pemain untuk Timnas 3x3 berbeda dengan 5x5. Ada syarat minimum tahun pembuatan passport, syarat ranking di FIBA 3x3 Play, dan lainnya," terang Taufik.

"Di 3x3 juga tidak ada istilah pelatih namun istilahnya Team Delegate yang bertugas untuk membantu latihan dan mendampingi tim selama TC dan berangkat untuk menggali banyak informasi dan pengetahuan di FIBA 3x3 U18 World Cup sehingga dapat bermanfaat untuk perkembangan 3x3 kedepan," jelas Taufik.