Mengenang Rekam Jejak Phil Jackson, Pelatih NBA Terbaik Sepanjang Masa

Senin, 30 Agustus 2021 12:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© gettyimages
Phil Jackson bersama Kobe Bryant. Copyright: © gettyimages
Phil Jackson bersama Kobe Bryant.

INDOSORT.COM – Mengenang rekam jejak Phil Jackson di dunia basket. Pantaskah dirinya disebut sebagai pelatih terbaik NBA sepanjang masa?

Nama Phil Jackson begitu harum di dunia NBA. Selain karena kiprahnya sebagai pemain, kiprah pria berusia 75 tahun ini sebagai pelatih juga patut diperhitungkan.

Jackson lahir dengan nama lengkap Phili Douglas Jackson pada 17 September 1945 di Montana, Amerika Serikat. Ia tumbuh di keluarga agamis mengingat sang ayah dan ibu, Charles dan Elizabeth kerap berkhotbah di gereja.

Sedangkan kariernya di dunia basket dimulai sejak SMA di mana Jackson bersekolah di Williston yang ada di North Dakota. Tak hanya basket, ia juga bermain American Football, Bisbol, dan lempar cakram.

Kemampuan apik Phil Jackson di Bisbol membuatnya dipantau oleh beberapa pemandu bakat. Namun jalan hidupnya di olahraga berakhir di basket saat ia masuk dunia perkuliahan.

Adalah Bill Fitch yang membuat Jackson beralih ke dunia basket di mana ia direkrut masuk ke Universitas North Dakota. Di sana, Jackson menancapkan diri sebagai pebasket berbakat.

Pada 1967, Jackson dipinang New York Knicks. Ia mampu membawa Knicks meraih juara NBA di tahun 1973. Sebelumnya, ia pun mampu membawa Knicks juara di tahun 1970. Namun ia lebih banyak menepi akibat cedera.

Setelah pensiun pada musim 1979-1980, Jackson menjadi pelatih NBA di mana kariernya dimulai dari kompetisi minor seperti CBA dan menjadi asisten pelatih di Chicago Bulls.

Pada 1989, Phil Jakson dipromosikan sebagai pelatih kepala di mana perjalanannya sebagai pelatih mampu membuat banyak orang berdecak kagum berkat prestasinya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%