5 Pebasket Aktif yang Memiliki IQ Basket Tertinggi di NBA

Kamis, 26 Agustus 2021 12:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Christian Petersen/Getty Images
LeBron James dan Anthony Davis berjibaku dengan Devin Booker di laga Pramusim NBA antara Phoenix Suns vs LA Lakers, Sabtu (19/12/20). Copyright: © Christian Petersen/Getty Images
LeBron James dan Anthony Davis berjibaku dengan Devin Booker di laga Pramusim NBA antara Phoenix Suns vs LA Lakers, Sabtu (19/12/20).

INDOSPORT.COM – Olahraga tak hanya mengandalkan fisik namun juga kecerdasan untuk memainkannya. Hal tersebut berlaku di dunia basket NBA.

Dewasa ini, olahraga tak hanya berpusat kepada otot semata. Dibutuhkan kecerdasan seiring berkembang taktik atau strategi dalam olahraga itu sendiri.

Di dunia basket pun berlaku hal serupa. Seiring perkembangannya, ada taktik dan strategi yang diterapkan sesuai aturan yang berlaku.

Sehingga dibutuhkan atlet yang turut menggunakan kecerdasan dan tak hanya kekuatan untuk memahami jalannya pertandingan dan memenangkannya.

Larry Bird adalah salah satu contoh pebasket yang mengandalkan kecerdasannya di balik kekurangannya dalam segi fisik. Tak heran, legenda Bolton Celtics ini disebut sebagai pebasket paling cerdas.

Saat pertama hadir di NBA 1979, analis menyebut Larry Bird terlalu lambat dan tak cukup atletis sebagai pebasket. Meski demikian, ia mampu membalas anggapan miring itu dengan penampilannya.

Berbekal kecerdasannya, Larry Bird mampu berkembang dan menjadi salah satu pebasket legendaris yang banyak dipuja pecinta basket.

Di NBA saat ini, terdapat pula beberapa nama pebasket yang memiliki kecerdasan sehingga mampu membawa timnya berprestasi.

Berikut daftar pebasket aktif yang memilik IQ basket tinggi di NBA.