Pukul Pemain Prawira Bandung, Center Rans PIK Basketball Dilarang Bermain dan Denda Rp20 Juta

Minggu, 13 Maret 2022 06:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© iblindonesia.com
Pemain RANS PIK Basketball, Hal Shane Heyward disanksi larangan bermain lima pertandingan dan denda Rp 20 Juta. Copyright: © iblindonesia.com
Pemain RANS PIK Basketball, Hal Shane Heyward disanksi larangan bermain lima pertandingan dan denda Rp 20 Juta.

INDOSPORT.COM - Roster RANS PIK Basketball, Hal Shane Heyward disanksi larangan bermain lima pertandingan dan denda Rp 20 Juta.

Itu merupakan hukuman yang diberikan setelah Shane diketahui memukul pemain Prawira Bandung, Taj Davis Spencer saat kedua tim bertemu, Rabu 9 Maret lalu.

Seluruh wasit dan panitia Indonesian Basketball League (IBL) telah melakukan review dan memastikan terjadi pemukulan pada kuarter keempat saat tersisa waktu 2 menit 25 detik.

"Hukuman ini sesuai dengan Peraturan Pertandingan IBL Bab V Pasal 3 ayat 2," kata manager kompetisi IBL, Rufiana dalam keterangan pers.

Pasal tersebut menyatakan, personil klub yang saat pertandingan melakukan pemukulan, menendang, menyikut  dan kekerasan fisik lain dengan disengaja, baik sebagai inisiator maupun pembalasan terhadap sesama pemain, pelatih, manager, ofisial, IBL dan penonton/suporter pada kegiatan IBL dapat dikeluarkan dari pertandingan.

Selain itu tindakan sesuai pasal 3 ayat 2 tersebut akan dikenakan sanksi larangan mendampingi minimal 5 (lima) kali pertandingan serta dikenakan denda minimal sebesar Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah).

Meskipun tindakan pemukulan, menendang, menyikut atau dan bentuk tindakan kekerasan fisik lain tersebut tidak terlihat oleh wasit, tetapi terlihat melalui rekaman video, maka personil yang bersangkutan tetap akan dikenakan sanksi dan denda.