5 Larangan Paling Aneh yang Diberlakukan untuk para Pemain NBA

Senin, 2 Mei 2022 08:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© nba.com
Berikut ini lima peraturan-peraturan unik yang pernah atau masih ada di liga basket NBA. Copyright: © nba.com
Berikut ini lima peraturan-peraturan unik yang pernah atau masih ada di liga basket NBA.

INDOSPORT.COM - National Basketball Association (NBA) adalah kompetisi basket paling besar di dunia yang berasal dari Amerika Serikat.

Sejak tahun didirikannya di 1946, NBA sudah beberapa kali menetapkan perubahan aturan. Kebanyakan dilakukan untuk menambah kualitas permainan yang akan semakin menambah minat fans pada pertandingan mereka.

Akan tetapi, banyak juga tata tertib yang bisa dibilang tidak ada hubungannya dengan permainan basket NBA yang coba diterapkan. Apa saja itu?

1. Logo Komersil 

Layaknya kompetisi olahraga lainnya, NBA senang dengan pemasukan dari sponsor. Mereka bahkan mulai mengizinkan tim-tim di bawah naungannya untuk menjual ruang pada jersey pada sponsor sejak musim 2017/2018.

Hanya saja beda ceritanya jika seorang pemain ingin mempromosikan sendiri sponsor yang bukan sepatu, NBA akan melarangnya.

Mantan roster Cleveland Cavaliers, Iman Shumpert, pernah mendapat denda sekaligus teguran usai mengukir logo Adidas di rambutnya.

J.R Smith yang kebetulan juga pernah membela Cavaliers juga pernah mendapat hukuman karena praktek serupa. Namun ia terbilang lebih ekstrim karena menato betis kaki kananya dengan logo Supreme.

Smith kemudian dipaksa untuk menutupui tato tersebut tiap kali turun bertanding. Jika tidak maka denda berkala dari NBA menantinya.