5 Small Forward Terbaik dalam Sejarah NBA: Durant dan LeBron Termasuk?

Minggu, 1 Mei 2022 13:39 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Fine Line
Dalam ajang NBA, terdapat sejumlah pemain basket di posisi small forward yang layak disebut terbaik di dunia sepanjang masa. Copyright: © The Fine Line
Dalam ajang NBA, terdapat sejumlah pemain basket di posisi small forward yang layak disebut terbaik di dunia sepanjang masa.

INDOSPORT.COM - Dalam ajang NBA, terdapat sejumlah pemain basket di posisi small forward yang layak disebut terbaik di dunia sepanjang masa.

Seperti permainan tim pada umumnya, dalam olahraga basket yang bertanding 5 vs 5, masing-masing pemain dibedakan posisinya.

Secara garis besar ada lima posisi dalam permainan basket, yang kriteria serta tugasnya berbeda satu sama lain, baik saat menyerang maupun bertahan.

Kelima posisi tersebut antara lain center, power forward, shooting guard, point guard, dan small forward. Masin-masing memiliki tugas penting, tapi dalam artikel ini posisi small forward yang akan lebih menjadi sorotan.

Dalam pertandingan, small forward bisa dibilang merupakan ujung tombak serangan sebuah tim. Pemain di posisi inilah yang dalam setiap laga diharapkan bisa mencetak banyak poin.

Berbeda dengan center dan power forward yang pemainnya dituntut memiliki postur tubuh tinggi, seorang small forward justru tak memerlukannya. Rata-rata pemain di posisi ini sendiri memiliki tinggi 195-2005 centimeter.

Bagi seorang power forward yang dibutuhkan adalah kegesitan dan tubuh atletis yang membuatnya bisa bergerak cepat dan cekatan dalam segala kondisi.

Memiliki tugas sebagai mesin pencetak poin, seorang small forward juga harus fleksibel dan pandai mencari celah kosong. Pasalnya, mereka akan dihujani suplai bola oleh rekan-rekan satu timnya.

Skill seperti lay up, dunk, mid range shoot dan 3 poin shoot jelas harus dimiliki oleh small forward. Dengan teknik-tenik itu, ia bisa membantu tim mencuri poin dari lawan.

Meskipun tugasnya lebih dititikberatkan pada sektor serangan, small forward juga harus bisa membantu tim saat bertahan. Saat defense, small forwad akan fokus untuk menjaga pemain dengan posisi sama di kubu lawan.

Dalam perjalanan NBA, sudah banyak dan menjamur pemain-pemain yang memiliki posisi sebagai seorang small forward. Namun, hanya segelintir saja yang bisa mendapat predikat terbaik.

Berikut ini tersaji lima small forward terbaik NBA versi redaksi berita olahraga INDOSPORT. Selamat membaca.

1. Kevin Durant

Saat memutuskan bergabung dengan Golden State Warriors pada 2016 lalu, banyak pihak yang mencibir Kevin Durant. Keputusan itu dianggap cara pintas Durant agar bisa memiliki cincin juara NBA.

Maklum saja, saat itu Golden State Warriors memang menjadi tim kuat yang sudah langganan tampil di partai final NBA. Akibatnya, siapapun yang bergabung dengan Warrios pasti dianggap ingin bisa juara NBA dengan mudah.

Namun, terlepas dari omongan tersebut, small forward kelahiran 29 September 1988 ini membuktikan bahwa kualitasnya memang bagus dan layak memperkuat Warriors.

Di musim pertamanya, ia menjadi kunci kegemilangan Warriors yang sukses menaklukan Cleveland Cavaliers di NBA 2016/17. Berkat performanya, Durant bahkan mendapat gelar MVP Final tersebut.

Hal serupa kembali ia tunjukkan di musim 2017/18. Lagi-lagi Cavaliers hanya bisa tersenyum kecut melihat Durant dan Warriors kembali menjadi juara Final NBA dan predikat MVP Final.

Sayang, di tahun terakhirnya bersama Warriors, Durant kerap mengalami cedera. Meski bisa melangkah sampai ke final, ia dan Warriors hanya bisa melihat gelar juara NBA 2018/19 digondol Toronto Raptors.