Lakukan Regenerasi di Timnas, Perbasi Kumpulkan Para Pebasket Muda dari Seluruh Penjuru Indonesia

Rabu, 28 September 2022 06:53 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© fiba.basketball
Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball Copyright: © fiba.basketball
Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COM – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) bakal kumpulkan para pebasket muda dari seluruh penjuru Tanah Air demi lakukan regenerasi Timnas Basket Indonesia.

Perbasi terus mencoba mempersiapkan para pemain muda. Hal ini sebagai upaya regenerasi dan membangun kekuatan tim nasional di masa mendatang.

Melansir dari Antara, tercatat ada 75 pemain muda yang dimiliki oleh Perbasi, di mana 20 di antaranya sudah dipanggil masuk training center (TC) di GBK Arena, Jakarta sejak 12 September lalu.

Selain itu, pihak Federasi juga telah memanggil 50 pemain hasil seleksi nasional di 10 provinsi yang dilakukan Perbasi sejak 9 Agustus hingga 6 September kemarin.

Sejumlah 13 pemain muda di antaranya merupakan pemain klub peserta Liga Bola Basket Indonesia (IBL) serta peserta Seleksi Nasional Indonesia Patriots. Para pemain juga sudah mulai berlatih secara terpisah di GBK Arena sejak 18 September.

Milos Pejic selaku pelatih Timnas Basket Indonesia mengungkapkan bahwa para pemain tersebut dipersiapkan untuk memperkuat timnas kelompok umur U-18, timnas elite muda Indonesia Patriots, hingga timnas senior.

Ia juga mengatakan bahwa para pemain muda itu memiliki kualitas yang cukup mumpuni tapi masih perlu jam terbang.

“Kami melakukan seleksi untuk pemain muda. Kami mencari pemain terbaik dari seluruh Indonesia untuk membentuk tim U-18, tim Indonesia Patriots, dan timnas senior,” ujar Pejic mengutip di laman resmi Perbasi.

“Ini pekerjaan yang tidak mudah. Namun saya senang dengan ini. Kami melihat organisasi permainan bagus, fisik, dan penampilan mereka juga bagus. Mereka telah siap bekerja keras untuk ini," tambahnya.