In-depth

Profil Victor Wembanyama: Pebasket Muda Calon Nomor 1 NBA Draft 2023 yang Disanjung LeBron James

Sabtu, 8 Oktober 2022 12:15 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@vicw_32
Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama, yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32) Copyright: © Instagram@vicw_32
Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama, yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32)

INDOSPORT.COM – Berikut profil pebasket muda calon nomor 1 NBA Draft 2023, Victor Wembanyama, yang disanjung LeBron James setinggi langit.

NBA mempunyai cara yang unik untuk ‘mempromosikan’ pemain rookie-nya, yaitu dengan cara melakukan Draft Pick.

Berbeda dengan sepak bola yang memiliki klub akademi yang mana pemain muda bisa bergabung ke klub senior jika diinginkan oleh pelatih, olahraga basket, terutama NBA, menggunakan sistem draft pick untuk itu.

NBA Draft adalah suatu acara tahunan yang dimulai sejak tahun 1947 yang mana 30 tim dari National Basketball Association (NBA) dapat menetapkan pemain rookie yang memenuhi syarat dan ingin bergabung dengan liga.

Kebanyakan pemain rookie yang masuk draft pick adalah mereka yang bermain di perguruan tinggi. Namun, pemain internasional juga memenuhi syarat untuk di-draft.

Disebutkan bahwa pemain internasional berusia 22 tahun secara otomatis bisa dikatakan memenuhi syarat untuk dipilih, sementara mereka yang berumur di bawah 22 tahun harus menyatakan kelayakannya.

Sejak tahun 1989, NBA Draft terdiri dari dua putaran yang mana setiap pemainnya dilarang untuk menandatangani kontrak dengan NBA sampai ia memenuhi syarat setidaknya untuk satu draft.

Memang mendapatkan draft pick di urutan nomor satu tidak menjamin kesuksesan pemain, tetapi ada sejumlah pemain yang tetap tampil luar biasa sejak di-draft ke NBA di urutan pertama.

Oscar Robertson, Magic Johnson, Hakeem Olajuwon, Patrick Ewing, Yao Ming, Shaquille O’Neal, Allen Iverson, hingga LeBron James adalah sederet nama yang bisa dibilang sukses di NBA.

Kini ada satu nama yang diprediksi bakal menggelegar di NBA Draft 2023 mendatang, yaitu pemain asal Prancis, Victor Wembanyama, yang juga disanjung LeBron James setinggi langit. Berikut profil sang pebasket: