In-depth

Profil Brittney Griner, Pebasket Putri Amerika Serikat yang Nyaris Seumur Hidup di Penjara Rusia

Jumat, 9 Desember 2022 09:02 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Instagram@brittneyyevettegriner
Intip profil Brittney Griner, atlet basket wanita Amerika Serikat yang dibebaskan dari penjara Rusia usai pertukaran tahanan terkait kasus kepemilikan ganja. Copyright: © Instagram@brittneyyevettegriner
Intip profil Brittney Griner, atlet basket wanita Amerika Serikat yang dibebaskan dari penjara Rusia usai pertukaran tahanan terkait kasus kepemilikan ganja.

INDOSPORT.COM – Intip profil Brittney Griner, atlet basket putri Amerika Serikat yang dibebaskan dari penjara Rusia usai pertukaran tahanan terkait kasus kepemilikan ganja.

Dalam hal ini, Amerika Serikat sendiri juga telah membebaskan pialang senjata Rusia, Victor Bout, sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tersebut.

“Dia (Brittney Griner) aman, dan berada di pesawat untuk pulang setelah berbulan-bulan ditahan secara tidak adil di Rusia, ditahan dalam keadaan yang tidak dapat ditoleransi” ucap Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, melansir AFP.

“(Pembebasan) ini adalah hari yang telah kami upayakan sejak lama. Kami tidak pernah berhenti mengupayakan pembebasannya,” sambung Joe Bidden.

Info pembebasan bintang WNBA Brittney Griner yang disampaikan juga oleh Joe Biden di twitternya tersebut, langsung dipenuhi sorak sorai publik.

Ada pula publik yang menyoroti kasus pertukaran tahanan dengan lepasnya pialang senjata Rusia, Victor Bout dari penjara Amerika Serikat.

“Harga yang mahal untuk dibayar, tetapi saya senang dia (Brittney Griner) dalam perjalanan pulang,” tulis @Carmin*****

“Sangat senang untukmu Brittney Griner, Selamat datang kembali,” tulis @quakes*****

Brittney Griner sendiri merupakan bintang basket putri Amerika Serikat berusia 32 tahun yang ditangkap otoritas Rusia karena kepemilikan ganja pada Februari 2022 lalu.

Penangkapan terjadi di tengah hubungan yang menegangkan antara dua negara adigdaya Amerika Serikat-Rusia. Atau hanya beberapa hari sebelum Rusia menginvasi Ukraina. Intip kronologi lengkapnya!