SMA Gloria 1 Surabaya Kunci Gelar Juara Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur

Selasa, 7 Maret 2023 10:03 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Red Bull Indonesia
Turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur yang berlangsung di GOR Unesa, Surabaya telah selesai. Copyright: © Red Bull Indonesia
Turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur yang berlangsung di GOR Unesa, Surabaya telah selesai.

INDOSPORT.COM - Turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur yang berlangsung di GOR Unesa, Surabaya sejak  Sabtu (4/3/2023) hingga Senin (6/3/2023) telah selesai.

Dari total 3 hari tersebut, didapati sang pemenang pada Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Timur adalah SMA Gloria 1 Surabaya.

Berhadapan dengan SMA Petra 1 Surabaya di laga final, SMA Gloria 1 Surabaya meraih kemenangan mutlak dengan skor telak 62-34.

Selama jalannya pertandingan, SMA Gloria 1 Surabaya terlihat sangat mendominasi permainan dan menekan sejak awal. Poin-poin yang didapatkan SMA Gloria 1 Surabaya begitu mudah, ketika berhadapan dengan SMA Petra 1 Surabaya.

Sebaliknya, SMA Petra 1 Surabaya seakan kesulitan dalam mendapatkan poin pertamanya, sebab pemain SMA Gloria 1 Surabaya sangat disiplin menjalankan skema deffence dan offense.

Sementara itu di pertandingan sebeumnya yang memperebutkan juara 3, SMK Negeri 2 Surabaya vs SMA Negeri 1 Puri Mojokerto berakhir dengan skor 42-37. Sama halnya seperti perebutan juara satu dan dua, pertandingan ini sudah ketat dan seru sejak awal.

SMK Negeri 2 Surabaya berusaha tidak kecolongan poin terlebih dahulu. Sebaliknya SMA Negeri 1 Puri Mojokerto berusaha untuk mendapatkan poin pertama.

Seperti terliha dari hasil pertandingan, skor kedua tim sangat tipis. Hal ini dikarenakan mereka sejak awal melakukan skema pressing pemain, dimana peluang untuk mencipakan poin sangat sedikit.

Sesuai Skema Latihan

Kemenangan SMA Gloria 1 Surabaya di final Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur ternyata sudah sesuai dengan skema yang dirancang oleh pelatih. Pelatih SMA Gloria 1 Surabaya, Desandrew Pudyo mengungkapkan semua pemainnya bermain sesuai alur.

“Saya ngajari bagaimana anak-anak membaca situasional seperti apa. Kapan harus tahu musuh terlambat dan kapan mengetahui musuh agresif,” jelasnya ketika ditemui INDOSPORT.

Sementara itu kapten SMA Gloria 1 Surabaya Richie Bertrand Linardi mengungkapkan, semua teman-temannya sudah bermain bagus.

“Kami bermain santai, tetap fokus dan kami bisa melakukan itu,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, keberhasilan timnya mendominasi jalannya pertandingan karena sesama pemain sudah mengetahui cara bermain masing-masing.

Menurut Richie sapaannya, semua teman-temannya memiliki chemistry yang baik, sehingga sangat mendukung ketika berada di lapangan.

“Kami sudah latihan berkali-kali, kita dapat kemistrinya,” jelasnya.

Cari Bakat Pemain Basket

Red Bull Championship 2023 merupakan ajang mencari bakat-bakat pemain basket dari tingkat SMA.

Promotion Manager PT Asia Health Energy Beverages (AHEB) Sigid HS mengungkapkan, even ini memberikan wadah bagi siswa SMA untuk berprestasi.

“Even ini menjadikan ajang sportif, dan yang lebih tinggi lagi mencari bakat-bakat untuk mereka ke jenjang lebih atas,” harapnya.

Sigid juga berharap even ini membawa pemain dari SMA ini bisa lebih berprestasi sehingga dilirik oleh tim profesional.

“Bisa dari klub-klub di liga nasional IBL atau di tingkat internasional,” ungkapnya.

Pemenang dari event ini mendapatkan uang pembinaan, sesuai urutan juaranya. Harapannya uang tersebut dapat memacu motivasi dan semangat siswa SMA dalam mengejar minat dan bakat di dunia bola basket.