Antusias Luar Biasa, 3x3 Indonesia Tournament Seri Jawa Barat Diikuti 488 Atlet

Jumat, 28 April 2023 19:49 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© Humas 3x3 Tournament
Ajang bola basket 3x3 Indonesia Tournament kembali digelar dan akan segera memasuki seri Jawa Barat, Jumat (28/03/2023). Copyright: © Humas 3x3 Tournament
Ajang bola basket 3x3 Indonesia Tournament kembali digelar dan akan segera memasuki seri Jawa Barat, Jumat (28/03/2023).

INDOSPORT.COM - Ajang bola basket 3x3 Indonesia Tournament kembali digelar dan akan segera memasuki seri Jawa Barat, Jumat (28/03/2023). Ada dua kelompok usia yang dipertandingkan, yakni usia 18 dan 23 tahun dengan kategori pria dan wanita.

Kali ini daerah yang ditunjuk sebagai city selection kejuaraan seri Jawa barat yakni Cirebon dan Depok pada 29 April 2023 di GOR Kota Depok. Sedangkan untuk Cirebon bakal digelar selanjutnya pada 1 Mei 2023 GOR GMC Cirebon.

Penunjukan dua kota ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana kota Bandung dan Bogor dipilih sebagai penyelenggara city selection.

Juara dan runner up masing-masing kategori dari seri Jawa Barat ini nantinya akan melaju ke Final Province pada 7 Mei 2023 mendatang di GOR Saparua Bandung.

Project Director 3x3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis menjelaskan, pergeseran kota pelaksanaan Seri Jawa Barat ini punya misi khusus. 

Yang pertama, migrasi kota pelaksanaan ini untuk lebih mendekatkan Basket 3x3 kepada masyarakat. Kedua, dengan terus berpindah di kota baru maka akan memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat menantang dirinya main cabang olahraga ini. 

“Pergeseran kota pelaksanaan di City Selection ini karena kami ingin menjangkau semua kota di Indonesia. Dengan terus berpindah tempat pelaksanaannya, diharapkan membantu masyarakat lebih aware terhadap Basket 3x3 dan terlibat di dalamnya,” jelas Chaerul.

Sebelum singgah di Seri Jawa Barat, 3x3 Indonesia Tournament digelar di Jawa Timur. Seri Jawa Timur sebagai seri pembuka tahun 2023 ini. 

Di Jawa Timur juga dimunculkan kota baru pelaksanaan City Selection menyusul ditunjuknya Lapangan Basket Kota Lamongan sebagai venue dan mendapatkan respons apik dari masyarakat. Sebanyak 60 tim peserta ambil bagian. 

Jumlah ini mengalahkan Surabaya yang sebelumnya ditunjuk sebagai City Selection pembuka yang diramaikan sekitar 42 tim.