Jelang FIBA World Cup 2023, Lapangan Banteng Jakarta Dipercantik Lewat Revamp My Court

Rabu, 24 Mei 2023 15:10 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Panitia Pelaksana Lokal (LOC) FIBA Basketball World Cup 2023 meluncurkan program Revamp My Court di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (20/05/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Panitia Pelaksana Lokal (LOC) FIBA Basketball World Cup 2023 meluncurkan program Revamp My Court di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (20/05/23).

INDOSPORT.COM – Panitia Pelaksana Lokal (LOC) FIBA Basketball World Cup 2023 meluncurkan program Revamp My Court di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (20/05/23).

Kegiatan ini merupakan rangkaian pra-event menuju kejuaraan FIBA World 2023 yang diinisiasi oleh FIBA dan berlangsung di tiga negara sebagai tuan rumah, yakni Jepang, Indonesia, dan Filipina.

Revamp My Court adalah kegiatan revitalisasi lapangan basket lokal kota tuan rumah yang bertujuan untuk meninggalkan warisan dari penyelenggaraan FIBA World Cup 2023.

Di Indonesia, khususnya Jakarta, program Revamp My Court dilakukan di dua lapangan basket yang terletak di kawasan Lapangan Banteng.

Lapangan basket di area Lapangan Banteng dipilih lantaran merupakan salah satu lapangan ikonik dan memiliki nilai historis.

LOC memperbaiki serta mengecat tiang basket dan seluruh lantai lapangan, memperbaiki fasilitas toilet, serta menambahkan kanopi di tempat duduk di sisi lapangan.

Untuk pengecatan seluruh lantai lapangan, LOC bekerja sama dengan PHILIPPONK, artist mural Jakarta yang terkenal dengan karakter Ponka dalam karya-karya seninya.

Kegiatan revitalisasi dua lapangan ini sudah dilakukan sejak 17 April lalu dengan melibatkan 10 artist yang dikomandoi PHILIPPONK.

Ketua LOC FIBA Basketball World Cup 2023, Budisatrio Djiwandono, menjelaskan bahwa kegiatan Revamp My Court ini untuk lebih meningkatkan kesadaran dan keterlibatan penggemar bola basket terhadap FIBA World Cup 2023.

"Ini alasan kami mengajak timnas basket putri kita yang baru saja meraih emas di SEA Games 2023 Kamboja untuk bersama memeriahkan peluncuran Revamp My Court ini,” pungkas Budisatrio Djiwandono, Sabtu (20/05/23).

“Kita semua berharap akan banyak lahir bibit-bibit pebasket baru dari lapangan yang sudah direvitalisasi ini. Dengan begitu, prestasi bola basket kita, baik putra maupun putri, kita harapkan akan terus meningkat di ajang internasional," ujarnya.