Rekap NBA Draft 2023: Wembanyama ke Spurs, Si Kembar Thompson Cetak Sejarah

Jumat, 23 Juni 2023 15:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram@vicw_32
Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32) Copyright: © Instagram@vicw_32
Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32)

INDOSPORT.COM - Pebasket Victor Wembanyama resmi merapat ke San Antonio Spurs, disusul Amen dan Ausar Thompson yang mengukir sejarah di NBA Draft 2023.

Victor Wembanyama, pemain asal Prancis menjadi pilihan pertama oleh San Antonio Spurs di NBA Draft 2023, Kamis (22/6/23).

Wembanyama adalah pemain bigman ketiga dalam sejarah San Antonio Spurs yang dipilih dari Draft, setelah David Robinson (1987) dan Tim Duncan (1997).

Keduanya memiliki karir Hall of Fame dan mendapatkan cincin kejuaraan. Maka dari itu, Victor Wembanyama diharapkan bisa menyusul karier cemerlang mereka berdua.

Spurs juga sukses besar membuat pilihan pertama di draft. Pada tahun 1987 lalu, pilihan nomor satu mereka merekrut David Robinson, dan memenangkan Penghargaan MVP liga di tahun 1995.

Meski pemain berusia 19 tahun itu bisa mendominasi pertahanan, ia juga mampu melantun bola layaknya seorang garda dan menembak dari tripoin tiga secara efisien.

Dari14 pemain dari luar USA telah dipilih di putaran pertama draft NBA 2023, Wembanyama adalah top pick internasional pertama yang tidak bermain bola basket di sekolah atau perguruan tinggi.

Tetapi Wembanyama telah diproyeksikan sebagai pilihan utama di draft ini, bahkan sebelum musim 2022-2023. Ia pun menyambut antusias kesempatan tersebut.

"Saya merasa beruntung bisa bergabung dengan tim yang memiliki budaya (juara) dan pengalaman juara, dan mereka menciptakan pemain yang bagus," kata Wembanyama.

"Saya benar-benar tidak sabar untuk berlatih dan bertanding bersama mereka," lanjut Wembanyama.