Mengintip Kemegahan Indonesia Arena, FIBA Beri Acungan Jempol

Selasa, 11 Juli 2023 21:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi terkini Indonesia Arena yang dinyatakan siap 100 persen untuk menggelar FIBA World Cup 2023 pada Selasa (11/07/23). Indonesia Arena ditunjuk sebagai venue untuk pertandingan di fase grup G dan H dalam perhelatan akbar tersebut. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi terkini Indonesia Arena yang dinyatakan siap 100 persen untuk menggelar FIBA World Cup 2023 pada Selasa (11/07/23). Indonesia Arena ditunjuk sebagai venue untuk pertandingan di fase grup G dan H dalam perhelatan akbar tersebut.

INDOSPORT.COM - Venue untuk Piala Dunia Basket 2023, Indonesia Arena mendapat acungan jempol dari FIBA. Gedung berkapasitas 16.000 penonton itu dinilai megah dan siap menggelar pertandingan internasional. 

Sebagai informasi, Indonesia Arena akan dipakai pada Piala Dunia Basket 2023 pada 25 Agustus - 10 September 2023. Delapan negara dari Grup G dan H akan beraksi di Tanah Air. 

Indonesia Arena merupakan venue yang baru dibangun di kawasan Gelora Bung Karno, khusus menyambut Piala Dunia Basket 2023. Gedung ini mulai didirikan pada tahun 2022 lalu. 

Kini, proses pembangunan sudah rampung, dimana venue terlihat megah dilengkapi atap penutup dan juga single seat. Laiknya venue basket di NBA, Indonesia Arena juga punya videotron di atas lapangan. 

David Crocker selaku executive director FIBA mengaku puas dengan progres Indonesia Arena yang rampung tepat waktu. Dia menilai, kini venue tersebut siap dipakai pada Piala Dunia Basket 2023 dan event lainnya. 

"Saya lihat venue ini, saya tersenyum.  Awalnya saya banyak lihat debu di sini, ketika pertama kali ke sini dan sekarang saya puas bahwa perbaikan sudah dilakukan di sana sini, dan terasa betul vibes bahwa Indonesia sudah siap," katanya.

"Terima kasih atas venue yang luar biasa ini, Indonesia, betul fasilitas kelas dunia. selamat, Jakarta," tambah David Crocker. 

David Crocker menjelaskan, perlu sedikit sentuhan lagi untuk menyempurnakan Indonesia Arena, khususnya area lapangan. Harus dipasang lantai yang sesuai standar FIBA karena saat ini yang ada di venue masih menggunakan kelas biasa.  

Jika semua sudah disempurnakan, akan ada test event dalam waktu dekat. Hal itu untuk memastikan supaya semua fasilitas basket layak pakai.  

"Jika saya coba menelisik, tak ada isu sih, ini adalah fasilitas baru, kelas dunia, dan kredit untuk arsiteknya juga, pemerintah juga bagus. Ketika saya dikasih desain ini, saya sudah bicara ke tim saya bahwa venue ini memang untuk laga dunia," tutur David Crocker. 

"Luar biasa betul, tapi kami memang harus memahami lebih dalam venue ini, cek lagi fasilitasnya berfungsi apa engga, ruangnya sangat luas. Ke depan kami memang harus mengadakan test event di sini, sehingga kami juga tahu bagaimana caranya memanfaatkan betul event ini," sambungnya.