Viral Pebasket Cabutan Kamboja di SEA Games Kini Bela Timnas Suriah di Ajang IIBI

Kamis, 3 Agustus 2023 14:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© WallpaperAccess
Ilustrasi bola basket. Copyright: © WallpaperAccess
Ilustrasi bola basket.

INDOSPORT.COM - Turnamen Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) 2023 diwarnai dengan sosok pebasket timnas Kamboja di SEA Games 2023 yang kini membela Timnas Suriah.

Pemain basket tersebut adalah Brandon Jerome Peterson yang diketahui memiliki dua status kewarganegaraan yakni Amerika Serikat dan Kamboja.

Namun di ajang IIBI yang diselenggarakan di Indonesia Arena, Senaya, Jakarta, Brandon Peterson tidak membela dua negara tersebut melainkan negara Timur Tengah, Suriah.

Hal ini diketahui saat Brandon Peterson tampil bersama rekan-rekan setim di Timnas Basket Suriah menghadapi Uni Emirat Arab pada laga perdana IIBI, Rabu (2/8/23) malam WIB.

IIBI merupakan event yang digelar di Indonesia menyambut FIFA World Cup 2023. Timnas Basket Indonesia juga ambil bagian di ajang ini.

Kehadirannya cukup menyita perhatian sehingga jadi viral di dunia maya karena Brandon Peterson menjadi pencetak poin terbanyak untuk Suriah.

Pemain kelahiran 16 Desember 1990 tersebut mencetak 17 poin dan 14 rebound melawan Uni Emirat Arab, sayangnya Suriah kalah di laga ini dengan skor 63-61.

Seorang netizen (@sopi_sophia) yang bermata jeli berhasil menangkap sosok Brandon Peterson yang tinggi menjulang di antara para pemain Suriah dan memviralkannya di Twitter.

Akun tersebut juga membandingkan potret Brandon Peterson berseragam Timnas Suriah di IIBI dengan Brandon Peterson saat membela Timnas Kamboja di SEA Games 2023 lalu.

Boleh ya main basket pindah-pindah timnas sekarang? Kemarin SEA Games (membela) Kamboja,,, hari ini main di Indonesia pakai jersey Suriah,” tulis akun tersebut.

Unggahan tersebut langsung dibanjiri komentar netizen. Beberapa menduga Kamboja menggunakan pemain cabutan di SEA Games yang digelar di negara tersebut, salah satunya Brandon Peterson.