Lebanon Buka Peluang Lolos Olimpiade Usai Menang Perdana di FIBA World Cup 2023

Jumat, 1 September 2023 20:02 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Subhan Wirawan
© FIBA World Cup 2023
Pertandingan di ajang FIBA World Cup 2023 antara Lebanon vs Kanada yang berlangsung di Indonesia Arena. (Foto: FIBA World Cup 2023) Copyright: © FIBA World Cup 2023
Pertandingan di ajang FIBA World Cup 2023 antara Lebanon vs Kanada yang berlangsung di Indonesia Arena. (Foto: FIBA World Cup 2023)

INDOSPORT.COM - Timnas basket Lebanon membuka peluang untuk lolos Olimpiade sebagai wakil Asia lewat jalur FIBA World Cup 2023.

Finalis FIBA Asia Cup 2023 ini meraih kemenangan pertamanya pada laga kualifikasi di Grup P dengan mengalahkan Pantai Gading 94-84 di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Kamis (31/8/23) petang.

Hanya saja peluang lolos itu sangat tipis. Sebab di grup lain, Jepang sudah meraih dua kemenangan. 

Lebanon bisa lolos asalkan Jepang kalah telak pada game terakhir di Grup O melawan Tanjung Verde, dan di waktu yang bersamaan Lebanon mengalahkan Iran dengan skor besar untuk kemudian digelar perhitungan selisih skor. 

Nantinya, jatah menuju Olimpiade diberikan ke satu tim Asia yang mendapatkan posisi terbaik pada laga kualifikasi. 

Selain Lebanon dan Jepang, ada Iran, Yordania, Cina, dan Filipina yang juga bersaing untuk memperebutkan tiket menuju Paris 2024.

"Jelas bukan hasil yang kami inginkan. Kami menyambut pertandingan ini dengan cukup percaya diri karena mengincar keloloskan ke Olimpiade,”

“Kami tidak menyelesaikan target kami, jadi kami harus bersatu lagi dan siap untuk pertandingan selanjutnya," kata Patrick Tape.

Dejan Prokic menambahkan, timnya baru menjalani pertandingan berat. Pada paruh pertama, timnya gagal menampilkan performa terbaik. Setelahnya, Pantai Gading butuh waktu untuk bangkit. 

"Pada momen saat kami mengejar, kami mencoba memenangkan semuanya, tapi kami tak bisa mengontrol berbagai hal hari ini. Respek untuk Lebanon, mereka bisa menerapkan permainan mereka tadi," kata Prokic.