Undangan Tampil di Kejuaraan Bergengsi di Jerman, Atlet Berkuda Euclia Purnama Makin Bersinar

Kamis, 8 Desember 2022 16:20 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. Euclia purnama
Atlet equestrian Indonesia berusia 16 tahun, Euclia Purnama (Clia). Copyright: © Dok. Euclia purnama
Atlet equestrian Indonesia berusia 16 tahun, Euclia Purnama (Clia).

INDOSPORT.COM - Nama atlet equestrian Indonesia, Euclia Purnama (Clia) berusia 16 tahun itu terus membumbung tinggi. 

Setelah mengukir prestasi pada Princess Cup di Thailand beberapa waktu lalu, Clia kini mendapat undangan tampil pada kejuaraan jumping bergengsi di Jerman. 

Pertandingan yang bertajuk ‘Riesenbeck International’ itu digelar selama 4 hari, mulai dari tanggal 8 - 11 Desember 2022, di kota Riesenbeck, berdekatan dengan Münster, Jerman. Rencananya, Clia akan bertanding pada Jum’at malam, 9 Desember 2022 waktu Jerman.

Awal diberikannya undangan tersebut, Clia mengaku ragu untuk berangkat karena kondisi kaki yang masih cidera. 

Walau saat ini kondisi kakinya pun masih mengalami cidera, ternyata kesempatan bertanding tetap tersedia untuk Clia. 

“Adalah anugerah Tuhan, saya ikut di kelas jumping 110 cm dalam Team Challenge, sesuai dengan kemampuan kuda yang tersedia bagi saya."

Nantinya saya naik kuda yang tergolong muda dan masih belajar di kelas tersebut,” kata Clia dalam keterangan pers, Rabu, 7 Desember 2022.

Berbagai tantangan akan dijalani Clia di pertandingan di Riesenbeck International, yakni harus kembali beradaptasi dengan kuda dalam waktu yang sangat singkat.

Adaptasi mencakupi kondisi cuaca yang tidak terbiasa baginya, serta di arena asing yang cukup besar, menjadi satu-satunya peserta yang baru duduk di atas kudanya dalam turnamen tim ini, dan ia baru saja tiba dari Indonesia. 

“Ini seperti gaya 'borrow-horse' yang Princess Cup Thailand, tetapi bedanya di Jerman ini, saya satu-satunya yang berada di posisi tersebut, sedangkan yang Thailand, semua peserta pakai kuda pinjaman yang diundi,” ujar Clia.