Bangga! Indonesia Tambah Wakil di Olimpiade Tokyo 2020: Cabor Dayung

Kamis, 20 Mei 2021 13:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© NOC
Pedayung putri Mutiara Rahma Putri/Melani Putri meraih tiket menuju Olimpiade Tokyo. Copyright: © NOC
Pedayung putri Mutiara Rahma Putri/Melani Putri meraih tiket menuju Olimpiade Tokyo.

INDOSPORT.COM - Indonesia resmi meraih tiket tambahan di Olimpiade 2020 Tokyo, yang digelar mulai 23 Juli nanti. Kabar baik ini datang dari cabang olahraga dayung.

Pedayung putri Mutiara Rahma Putri/Melani Putri meraih tiket menuju Olimpiade Tokyo, usai tampil di Kualifikasi Olimpiade Rowing Zona Asia/Oceania di Jepang, awal Mei lalu.

Wakil Ketua PB PODSI (Persatuan Dayung Seluruh Indonesia), Budiman Setiawan pun menyampaikan kabar ini saat menyambangi kantor Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Senin (17/05/21) kemarin.

Budiman diterima langsung oleh Sekretaris Jendral NOC Indonesia, Ferry J Kono, Wakil Sekretaris Jederal Wijaya Noeradi, serta dua anggota Komite Eksekutif, Indra Gumulya dan Rafiq Hakim Radinal di Jakarta.

“Kami bersyukur bisa meloloskan atlet di Olimpiade, yaitu Mutiara/Melani yang turun di nomor lightweight women double sculls (LWX2). Kepastian penampilan mereka juga menjaga partisipasi keikutsertaan rowing di Olimpiade,” kata Budiman.

Berlaga di Sea Forest Waterway, Mutiara/Melani berhasil finis di posisi empat dengan catatan waktu 7 menit 35,71 detik. Ada tim tuan rumah, Jepang, lalu Vietnam dan Iran yang masing-masing berada di tiga besar.

“Jadi ada tiga kuota di nomor LWX2 yang diperebutkan. Berhubung Iran sudah resmi memastikan tiket ke Olimpiade, jadi posisi Indonesia naik dan lolos kualifikasi,” jelas Budiman.

Selanjutnya, persiapan Mutiara/Melani akan fokus di dalam negeri. Mereka melanjutkan pemusatan latihan nasional di Pengalengan, Jawa Barat, dan batal try out ke Kejuaraan Rowing U-23 Eropa dengan alasan tertentu.

“Rasanya terlalu berisiko. Sebab, mereka juga harus menjalani karantina selama 5-6 hari setelah kembali dari luar negeri. Bagi atlet, tidak latihan selama itu tentu akan memengaruhi peforma mereka," jelasnya.