eSports

Mengenal Crowd Control (CC) Paling Menyebalkan di Mobile Legends

Kamis, 3 Oktober 2019 20:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© mobilelegends.gcube.id
Hero Helcurt di Mobile Legends: Bang Bang Copyright: © mobilelegends.gcube.id
Hero Helcurt di Mobile Legends: Bang Bang

INDOSPORT.COM – Dalam sebuah game MOBA seperti Mobile Legends, ada satu aspek permainan yang sangat dibenci oleh para player, yakni saat terkena crowd control (CC).

Sesuai namanya, crowd control alias disable berarti kemampuan untuk mengontrol crowd, baik itu Hero, unit, atau area tertentu. Jenis crowd control cukup banyak, mulai dari memperlambat gerakan, menahan serangan, hingga benar-benar melumpuhkan musuh.

Mobile Legends memang memiliki banyak jenis crowd control, namun lima dampak di bawah ini adalah yang dinilai paling menyebalkan dan harus dihindari, atau justru harus diandalkan untuk menaklukkan lawan.

Berikut INDOSPORT merangkum lima crowd control paling menyebalkan di Mobile Legends.

1. Slow

Sebagaimana namanya, slow berarti efek memperlambat gerakan musuh. Efek ini bisa ditemukan pada banyak skill Hero Mobile Legends. Contoh Hero yang dikenal dengan efek slow-nya antara lain skill Ulti Johnson, skill 1 dan 2 Leomord serta Terizla, atau skill 2 Estes.

Slow mungkin merupakan efek crowd control yang cukup sepele, namun efeknya tentu sangat terasa dalam pertarungan, terutama jika sedang ingin kabur, tapi tidak ada skill escape yang tersedia.

Skill Ulti Johnson menjadi yang paling dihindari, sebab tak hanya kena stun saat ditabrak, efek tabrakan juga menghasilkan slow yang cukup parah. Kombinasi damage, stun, dan slow ini benar-benar membuat target mati kutu meski sudah berusaha menyelamatkan diri.

2. Silence

Silence adalah kemampuan crowd control yang membuat skill musuh menjadi disable. Artinya, saat terkena status ini, musuh tidak bisa mengeluarkan skill-nya, meski masih bisa menyerang dengan Basic Attack maupun bergerak.

Di Mobile Legends, hanya ada dua Hero yang punya kemampuan ini, dan keduanya adalah Hero Assassin, yakni Helcurt dan Natalia.

Helcurt disebut sebagai Hero silence paling berbahaya, sebab akan ada efek silence dari skill pasif dan 1-nya. Artinya, Helcurt bisa membuat musuh bungkam hingga dua kali. Jika terkena keduanya, durasi silence-nya pun cukup lama, yakni tiga detik.

Silence bisa dikatakan sebagai efek disable paling menyebalkan buat user Mage. Pasalnya, Hero Mage sangat bergantung pada skill untuk survive. Jeda waktu tiga detik tanpa bisa menggunakan skill terbilang sangat lama bagi Mage.

3. Morph

Di MOBA lain, efek ini dikenal sebagai hex atau transform. Musuh yang terkena efek morph akan berubah wujud. Meski masih bisa bergerak saat berubah, korban tidak bisa menyerang maupun mengeluarkan skill. Selain itu, kecepatan berpindahnya juga jadi sangat lambat.

Satu-satunya Hero Mobile Legends dengan kemampuan morph adalah Nana dengan skill 2-nya. Korban akan berubah menjadi kelinci saat terkena skill ini.

Meski terbilang mudah untuk dihindari, namun skill morph akan menjadi sangat menyebalkan jika terkena, terutama saat team fight. Selain damage-nya yang cukup sakit, skill ini juga mengurangi Magic RES korbannya sebesar 25 persen.

4. Knock

Efek disable knock sebenarnya tak beda jauh dengan stun, yakni untuk melumpuhkan musuh. Bedanya, efek knock membuat musuh lumpuh sekaligus berpindah tempat, entah itu didorong (knock back) atau dilempar (knock up atau airborne).

Hal lainnya yang membuat efek ini lebih istimewa adalah beberapa skill seperti Ulti Claude atau Aldous yang tidak bisa dihentikan dengan stun. Namun, skill dengan efek knock seperti skill 1 dan Ulti Chou, atau skill 2 Valir dan Moskov, tetap bisa membatalkan efeknya.

5. Suppressed

Masih ada efek disable yang jauh lebih berbahaya, yakni suppressed. Mekanismenya tak jauh berbeda dengan stun. Musuh yang terkena suppressed akan benar-benar dibuat lumpuh.

Hal yang membuat suppressed berada di peringkat pertama dan paling menyebalkan adalah statusnya yang tak bisa disembuhkan dengan efek debuff. Bahkan, Purify pun sama sekali tak mampu menahannya.

Efek ini merupakan kemampuan kebanggaan Papa Franco karena ia menjadi satu-satunya Hero dengan kemampuan suppressed. Sekali terkena Ulti, musuh benar-benar tidak bisa melakukan apa-apa lagi.