eSports

MPL Bakal Digelar Online karena Corona, Netizen: Bisa Pakai Joki Dong

Kamis, 19 Maret 2020 15:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Rencana pertandingan secara online MPL Indonesia Season 5 akibat virus corona ternyata mendapat kritikan dari para penggemar. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Rencana pertandingan secara online MPL Indonesia Season 5 akibat virus corona ternyata mendapat kritikan dari para penggemar.

INDOSPORT.COM - Setelah sebelumnya MPL Indonesia season 5 digelar tanpa penonton untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona, kali ini Moonton mengubah kebijakannya kembali dan menggelar turnamen secara online.

Artinya, pada pekan ketujuh MPL Indonesia season 5, seluruh tim tidak lagi bertemu di MPL Arena dan naik ke panggung saat melangsungkan pertandingan, melainkan bermain dari Gaming House (GH) atau markas masing-masing tim.

Pengumuman ini disampaikan lewat akun Instagram resmi @mpl.id.official, sehingga langsung diserbu oleh fans lewat kolom komentar.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MPL Indonesia (@mpl.id.official) on

"Kesehatan para pemain dan pendukung MPL ID adalah prioritas utama. Demi menjaga keamanan dan kesehatan, tim panitia beserta seluruh perwakilan tim sepakat memutuskan minggu ketujuh diadakan secara online sepenuhnya."

"Kami menyadari dengan dilangsungkan secara online, internet dan permasalahan teknis lainnya mungkin saja muncul. Kami akan berusaha menyajikan pengalaman menonton senyaman mungkin bagi para penonton setia MPL Indonesia," ungkapnya.

Namun, dengan keputusan Moonton untuk menggelar MPL Indonesia season 5 secara online, justru menuai kritikan dari fans yang mengkhawatirkan sejumlah tim menggunakan joki untuk bermain, atau mengintip permainan lawan via Youtube.

"Bisa joki akun, dan bisa spion," komentar dari pemilik akun @puruhita.id.

"Yang masuk line up Larajie, yang main Oura," timpal @akbarnrhmn_28 sembari menambahkan emoticon tertawa.

"Menurut saya, mesti di XO Hall tapi cukup caster, ofisial, sama player. Petinggi tim, ladies-ladies tim jangan ikutan hadir. Di XO Hall aja masih suka trouble, apalagi cuma online," tambah @fiqoooo.

Meski demikian, hingga kini belum ada pengumuman lanjutan dari Moonton selaku penyelenggara MPL Indonesia season 5. Sehingga, besar kemungkinan laga pekan ketujuh turnamen Mobile Legends itu akan dimulai secara online pada Jumat (20/03/20) mendatang.

Adapun dalam jadwal pekan ini, akan tersaji pertandingan antara ONIC eSports vs EVOS Legends, Bigetron eSports vs RRQ, EVOS Legends vs Bigetron eSports, Alter Ego vs Genflix Aerowolf, RRQ vs Aura, Geek Fam vs Aura, dan ONIC eSports vs Genflix Aerowolf.