eSports

Menuju Kejuaraan Dunia, Begini Persiapan Atlet PES Doni Pratama Sakti

Minggu, 4 Oktober 2020 12:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Indonesia mengirimkan satu wakilnya di IESF World Championship 2020 untuk cabang eSports Pro Evolution Soccer (PES), yakni Doni Pratama Sakti.

Doni Pratama Sakti terpilih dalam seleksi nasional yang telah digelar oleh IESPA, dan akan mewakili Indonesia untuk melaju ke kejuaraan dunia eSports di Eilat, Israel.

Sejatinya, Doni Pratama Sakti bukanlah nama baru di komunitas PES nasional. Pro player asal Lampung itu pernah menjadi 2nd runner up APL Malaysia season 3 2019/20.

Tergabung dalam Toyib eSports dan Team NXL, Doni Pratama Sakti melakukan banyak persiapan sebelum terjun ke kualifikasi Asia Tenggara dan IESF World Championship.

"Persiapan saya sih latihan terus, latihan dengan teman satu tim atau teman dari komunitas PES," ungkap Doni Pratama Sakti saat dihubungi awak redaksi INDOSPORT.

Pro player 29 tahun itu juga banyak belajar dari ajang IESF World Championship tahun sebelumnya, meski saat itu tidak ada sesi kualifikasi untuk regional Asia Tenggara.

"IESF tahun kemarin di Korea Selatan itu langsung, tidak ada kualifikasi regional SEA. Tapi tahun ini karena pandemi, jadi tidak bisa semua negara bisa datang ke Israel."

"Sehingga masih harus cari per-regional, ada Indonesia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Filipina. Saya belum tahu dari regional SEA apakah diambil satu atau dua negara."

Khususnya di Asia Tenggara, Doni memiliki pengalaman membela tim Port FC di Thai e-League Pro 2020. Hanya saja, ia mengaku belum mampu membaca kekuatan lawan.

"Kalau lawan kuat belum tahu, karena PES21 baru rilis, walaupun tidak banyak perubahan dari PES20, semua player masih mencari style permainan terbaik masing-masing."

Dukung wakil Indonesia, Doni Pratama Sakti dalam kompetisi eSports tertinggi di dunia, IESF World Championship 2020. Kualifikasi regional akan dihelat mulai 20 Oktober nanti.