eSports

PBESI Gelar Turnamen Free Fire untuk Pelajar, Jaring Bibit Kelas Internasional

Minggu, 8 November 2020 11:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. PBESI
Persatuan Besar Esports Seluruh Indonesia (PBESI) menggelar turnamen eSports Free Fire antar pelajar. Copyright: © Dok. PBESI
Persatuan Besar Esports Seluruh Indonesia (PBESI) menggelar turnamen eSports Free Fire antar pelajar.

INDOSPORT.COM - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menggelar kompetisi eSports Free Fire antar sekolah menengah SMP dan SMA sederajat se-Jabodetabek.

Pertandingan Piala Pelajar Jabodetabek Season 1 #Pelajar Untuk Negeri ini digelar pada 9-13 November 2020, sekaligus memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2020.

Meski baru dibuka pendaftaran pada Kamis (05/11/20) lalu, hingga kini jumlah peserta yang sudah mendaftar cukup membludak, karena popularitas game eSports Free Fire.

“Sampai hari ini (Sabtu), jumlah peserta yang sudah mendaftar mencapai 6.000 tim dari 500 sekolah yang tersebar di wilayah Jabodetabek," ucap Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo.

"Ini diperkirakan masih akan bertambah karena akan di tutup sampai pukul 24.00 WIB malam nanti,” imbuhnya.

Game eSports Free Fire dipilih dalam Piala Pelajar Jabodetabek Season 1 karena cukup populer di kalangan pelajar, selain itu, alat yang perlu disiapkan tidak sulit, hanya membutuhkan gadget serta jaringan internet.

Namun, Free Fire sendiri punya jenjang tinggi hingga ke kancah internasional. Sehingga, Bambang Sunarwibowo berharap akan lahir bibit atlet eSports muda dari Piala Pelajar Jabodetabek yang siap 'go internasional'.

“Kita berharap untuk mencari bibit-bibit unggul yang siap bertarung di kancah internasional di masa mendatang,” imbuhnya.

Agenda penyisihan akan digelar secara online, namun khusus babak grand final akan digelar secara semi online di kantor PB Esports Indonesia, dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Menariknya, meski untuk kalangan pelajar, namun PBESI menyiapkan hadiah fantastis dengan total hadiah mencapai Rp500 juta, termasuk diantaranya 22 tim terbaik yang akan mendapat uang pembinaan.

Pengurus PBESI merupakan Lembaga yang mewadahi dan manungi aktivitas esports Indonesia termasuk regulasi sosialisasi turnamen dan liga pengembangan atlet dan time sport esports toursm dan pembinaan atlet usia dini

PB Esports Indonesia diketuai oleh Jenderal Pol (purn) Budi Gunawan yang dibentuk pada tanggal 18 Januari 2020. Organisasi ini memiliki visi mengembangkan esports dan diharapkan dapat membawa indonesia menjadi unggulan olahraga esports di Kawasan asia.