Hanya Kirim 6 Wakil, Tim Gulat Indonesia Targetkan Raih Medali di SEA Games Vietnam

Rabu, 13 April 2022 20:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Tim gulat Indonesia akan mengirimkan enam wakilnya ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Mereka juga optimistis bisa meraih medali. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Tim gulat Indonesia akan mengirimkan enam wakilnya ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Mereka juga optimistis bisa meraih medali.

INDOSPORT.COM – Tim gulat Indonesia akan mengirimkan enam wakilnya ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Mereka juga optimistis bisa meraih medali di ajang multievent se-Asia Tenggara tersebut.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), cabang olahraga gulat mendapatkan enam slot atlet dari 18 nomor yang dipertandingkan.

Kepala pelatih timnas gulat, Maurice Lumumba Sihombing, mengungkapkan bahwa timya melakukan berbagai pertimbangkan terkait pemilihan nomor yang akan diikuti Indonesia.

Maurice Lumumba Sihombing mengatakan bahwa enam slot yang dipilih tersebut tentunya adalah nomor-nomor yang berpotensi mendulang medali di ajang SEA Games nantinya.

“Tim teknis dari Kemenpora dan kami berembuk untuk menentukan nomor mana yang berpeluang mendapatkan medali. Sampai akhirnya ada satu hingga tiga kelas yang juara di Asia Tenggara tidak turun karena cedera, faktor usia, dan lainnya. Di situ kami manfaatkan,” ujar Maurice dilansir dari Antara.

Pria yang memiliki lisensi wasit gulat internasional itu juga mengungkapkan ada beberapa atlet yang memiliki kemampuan mumpuni namun terpaksa tidak diberangkatkan karena adanya persaingan ketat pada nomor tersebut.

“Misalnya ada atlet Jawa Timur yang hebat. Tetapi di kelas tersebut banyak juara Asia. Kami terpaksa tidak turunkan, apalagi kuota yang diberikan hanya enam,” Maurice menambahkan.

Maka dari itu, timnas gulat akhirnya memutuskan menurunkan enam atlet yang terdiri dari empat atlet putra dan dua putri.

Pada sektor putra ada nama M. Aliansyah (67kg Greco Roman), Andika Sulaeman (77kg Greco Roman), Rendy Aditya (74kg Gaya Bebas), Reyna Fadli (97kg Gaya Bebas). Sementara untuk putri yakni Kharisma Tantri (62kg Gaya Bebas), dan Desi Sinta (68kg Gaya Bebas).