Paralimpiade Tokyo 2020: Indonesia Dapat Tambahan Medali dari Cabor Atletik

Jumat, 27 Agustus 2021 19:24 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Allsport Co./Getty Images
Sapto Yogo Purnomo, atlet para-atletik Indonesia Copyright: © Allsport Co./Getty Images
Sapto Yogo Purnomo, atlet para-atletik Indonesia

INDOSPORT.COM - Indonesia mendapat tambahan medali di Paralimpiade Tokyo 2020 setelah Sapto Yogo Purnomo menyabet perunggu dari cabang olahraga (cabor) atletik.

Sprinter Indonesia, Sapto Yogo Purnomo meraih medali perunggu pada nomor lari 100 meter T37 Paralimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung di Olympic Stadium, Jepang pada Jumat (27/08/21).

Sapto Yogo berada di nomor ketiga dengan mencatatkan waktu 11,31 detik. Sementara itu, medali emas diraih oleh sprinter Amerika Serikat bernama Nick Mayhugh dengan catatan waktu 10,95 detik.

Torehan itu sekaligus memecahkan rekornya sendiri di babak penyisihan dengan waktu 10,97 detik. Sedangkan medali perak diraih oleh sprinter Rusia bernama Andrei Vdovin dengan catatan waktu 11,18 detik.

Sapto Yogo Purnomo sebelumnya melaju ke final setelah lolos penyisihan di Heat 1 dengan catatan waktu teratas yakni 11,33 detik di atas Vdovin (11,34 detik).

Atlet asal Banyumas itu berkompetisi dengan melawan tujuh sprinter lainnya. Ketujuh lawan itu adalah Andrei Vdovin (Rusia), Gabriel Christian Luiz da Costa (Brazil), Nick Mayhugh (AS), Chermen Kobesov (Rusia).

Kemudian ada juga Gomes de Mendonca (Brazil), Alnakhli (Arab Saudi), dan C du Toiy (Afrika Selatan). Chermen Kobesov dari Rusia berada di peringkat empat dengan waktu 11,32 detik, selisih tipis dari Sapto Yogo Purnomo.