Berperang dengan Kanker, Legenda Lompat Tinggi Dick Fosbury Tutup Usia

Selasa, 14 Maret 2023 13:09 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@scottgoesriding
Dunia atletik berduka. Legenda lompat tinggi yang terkenal dengan gaya khasnya ‘Fosbury Flop’ yakni Dick Fosbury, meninggal dunia usai berjuang dengan kanker. Copyright: © Instagram@scottgoesriding
Dunia atletik berduka. Legenda lompat tinggi yang terkenal dengan gaya khasnya ‘Fosbury Flop’ yakni Dick Fosbury, meninggal dunia usai berjuang dengan kanker.

INDOSPORT.COM – Dunia atletik berduka. Legenda lompat tinggi yang terkenal dengan gaya khasnya ‘Fosbury Flop’ yakni Dick Fosbury, meninggal dunia usai berjuang dengan kanker.

Berasal dari Amerika Serikat, Richard Douglas Fosbury atau yang beken dengan nama Dick Fosbury meninggal dunia di usia ke-76 pada Minggu (12/03/23).

Melansir AFP, agen Dick Fosbury, Ray Schulte, melalui pernyataan resmi mengatakan bahwa peraih medali Olimpiade Meksiko 1968 itu meninggal karena limfoma atau kanker kelenjar getah bening.

“Dick akan sangat dirindukan oleh teman-teman dan penggemarnya di seluruh dunia. Seorang legenda sebenarnya dan teman bagi semua,” kata Ray Schulte.

Sesaat setelah berita kematian pria bernama asli Richard Douglas Fosbury tersebut, para atlet dan legenda olahraga memberikan ungkapan belasungkawa.

Penghormatan terakhir dari orang-orang berpengaruh mengalir tajam untuk Dick Fosbury yang mendapatkan sebutan legenda sejati.

“Salah satu legenda terbesar dalam olahraga telah berpulang. Dick Fosbury telah mengubah gaya lompat tinggi dan secara tidak langsung mempengaruhi hidup saya. Beristirahatlah dengan tenang,” kata Steinar Hoen, juara lompati tinggi 1994 Eropa asal Norwegia dilansir World Athletic.

“RIP Dick Fosbury, dunia atletik telah kehilangan legenda sejati,” tulis sprinter Inggris, Adam Gemili dilansir dari laman The Sun.

“Legenda olahraga mungkin terlalu sering digunakan. Dick Fosbury adalah legenda sejati,” tulis mantan sprinter Michael Johnson.

“RIP peraih emas Olimpiade 1968 dan legenda lompat tinggi, Dick Fosbury, yang meninggal pada hari Minggu. Turut berdukacita untuk keluarga dan temannya,” tulis mantan juara dunia 200m, Ato Boldon.