Raja MMA Indonesia Wartakan Pencak Silat hingga ke Negeri Orang

Senin, 15 Oktober 2018 10:54 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pada ajang Asian Games yang lalu, nyaris setengah perolehan medali emas yang diraih oleh kontingen Indonesia berasal dari cabang olahraga pencak silat. Bahkan di cabang ini juga kita bisa melihat keindahan dua calon presiden saling berpelukan dengan seorang atlet pencak silat.

Olahraga yang satu ini seperti telah memberikan hadiah yang sangat indah bagi semua warga Indonesia. Selain dapat mengharumkan nama bangsa dengan prestasi, pencak silat juga telah menyatukan semua lapisan masyarakat yang ada.

Ternyata olahraga bela diri ini telah mengembangkan sayapnya hingga ke luar negeri. Orang-orang asing perlahan namun pasti telah mengenal olahraga yang merupakan warisan budaya dari Indonesia ini.

Salah satu orang yang berjasa dalam mengenalkan pencak silat adalah Suwardi sang Becak Lawu. Kecintaannya pada seni bela diri telah menuntunnya dalam suatu perjalanan spiritual mewartakan ajaran pencak silat hingga ke negeri orang.

Raja MMA Indonesia ini telah dua kali menjadi narasumber dalam sebuah seminar silat di Malaysia dan Jepang.

“Ternyata gerak-gerik kita diperhatikan juga oleh praktisi-praktisi beladiri luar negeri. Mereka rata-rata tertarik dengan modifikasi silat saya yang saya pakai di arena MMA,” tutur petarung kelahiran tahun 1984 itu.

Awalnya juara One Pride MMA 2016 ini sedikit malu untuk menerima tawaran menjadi narasumber. Namun, keinginan untuk mempopulerkan silat yang merupakan budaya Indonesia telah mengalahkan rasa malunya.

“Saya malu karena pikir masih banyak yang lebih hebat dari saya. Kedua saya terkendala bahasa karena hanya lulusan SMP yang notabene kurang fasih berbahasa inggris,” ungkapnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%