Anita Karim, Petarung MMA Wanita Pertama dan Satu-satunya di Pakistan

Jumat, 1 Februari 2019 11:52 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Images Dawn
Anita (tengah) Perempuan pertama dan satu-satunya di Pakistan yang menjadi petarung MMA Copyright: © Images Dawn
Anita (tengah) Perempuan pertama dan satu-satunya di Pakistan yang menjadi petarung MMA

INDOSPORT.COMMix Martial Arts (MMA) dikenal sebagai cabang olahraga yang cukup keras, dan memiliki streotipe bahwa MMA hanya pantas dilakukan oleh kaum pria.

Akan tetapi seorang wanita asal Pakistan bernama Anita Karim, ingin mendobrak citra tersebut dengan menjadi petarung MMA pertama dan satu-satunya di negara Timur Tengah itu.

Anita merupakan sosok wanita tangguh yang sejak kecil telah akrab dengan dunia bela diri, bahkan karena kemampuannya di olahraga ini, ia memiliki julukan ‘Arm Collector’ karena sangat pandai di teknik mengunci lengan lawannya saat bertarung.

“Jujur saja, saya dibesarkan di keluarga yang memiliki sabuk hitam taekwondo, jadi menjadi petarung MMA bukanlah hal yang gila bagi saya. Saya dibesarkan untuk bertarung oleh keluarga, saudara dan pelatih saya yang selalu mendukung,” kata Anita saat wawancara eklusif dengan Times of India.

Semangatnya untuk terus berjuang dan mempertajam keterampilan MMA semakin meningkat usai menyadari tatanan sosial di Pakistan, di mana budaya Patriarki (laki-laki yang lebih mendominasi dan membatasi perempuan) yang membatasi ambisi kaum perempuan di negaranya.

“Saya diejek karena memiliki rambut pendek seperti laki-laki, dan pembicaraan tentang tidak berpenampilan feminim selalu dianggap bermasalah. Tapi karena itu membuat saya lebih kuat sekarang.”

“Orang akan terus membicarakan orang lain, dan itu tidak akan berakhir. Tapi yang harus terus kita lakukan adalah membuktikan diri, bahwa kita mampu melakukannya,” tutupnya.

Terus Ikuti Berita MMA Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%