MMA Indonesia Diakui Dunia International, Menpora Puji Perjuangan KOBI

Kamis, 26 Desember 2019 14:57 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Perjuangan Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI) dalam mengembangkan cabang olahraga MMA Indonesia ke tingkat internasional telah membawa Indonesia resmi terdaftar sebagai anggota IMMAF.

Menanggapi keberhasilan KOBI dalam mengembangkan MMA di tingkat internasional, Menteri pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengatakan pemerintah sangat mengapresiasi dedikasi dan perjuangan KOBI tersebut.

Menurutnya, dengan keberhasilan tersebut, peluang MMA untuk dijadikan salah satu cabang olahraga di ajang kejuaraan resmi sangat terbuka lebar.

“Saya kira tidak tertutup kemungkinan, karena sebelumnya cabang olahraga yang luput dari kegiatan seperti PON atau kegiatan olahraga lainnya, tetapi lambat laun akan masuk dalam kegiatan kejuaraan-kejuaraan itu, maka MMA kita harapkan suatu saat nanti akan masuk (ajang kejuaraan resmi),” kata Zaidnudin dalam kesempatannya menonton pertandingan One Pride, Fight Night 35.

Meliaht geliat masyarakat dalam mengikuti perkembangan cabang olahraga MMA, Menpora Zainudin Amali sendiri mengaku sangat optimis dan punya harapan MMA akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Tadi saya mendapatkan informasi baha sekarang ini 300 lebih atlet kita, dan beberapa kemarin yang sudah bermain di SEA Games dan cabang-cabang yang terkait dengan ini."

"Maka saya punya optimise dan punya harapan ke depan suatu saat nanti olahraga ini secara resmi akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON). Nanti tinggal liat perkembangannya, kemudian federasinya seperti apa, berkoordinasi tentu dengan KONI dan NOC indonesia. Mudah-mudahan ini akan menjadi titik kebangkitan dari olahraga ini.”

Mendapat dukungan baik dari pemerintah, ketua umum KOBI, Ardi Bakrie mengaku akan merancang pembinnaan yang rapih bagi fighter di Indonesia mulai dari tingkat daerah sampai nasional.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga atas kehadirannya, ini tandanya sudah resmi bahwa MMA Indonesia mendapat dukungan dari pemerintah. Mengenai pengembangannya di Indonesia, tentunya teman-teman di sini sudah banyak tahu bahwa KOBI sudah menjadi anggota tetap dari IMMAF (International MMA Federation).” ungkap Ardi.

“Artinya ini membuka semakin banyak kesempatan bagi para fighter di Indonesia untuk dapat bertarung dan membela nama Indonesia. Tentunya pembinaan-pembinaan para fighter harus dirancang dan disusun dengan sangat rapi."

"Kami akan rencanakan Tahun 2020 kami akan kembangkan mulai dari daerah sampai ke tingkat nasional. Sehingga harapannya MMA ini akan semakin diminati dan membanggakan bagi Indonesia," lanjut Ardi.

Seperti diketahui, dalam pertemuan rapat tahunan IMMAF yang digelar di Gran Wyndham Hotel, Manama, Bahrain beberapa waktu lalu, telah disepakati Indonesia dan federasi MMA dari negara-negara yang tergabung dalam IMMAFakan bekerja sama memajukan dan mengembangkan MMA di kawasan Asia.

Penulis: Reynold Atagoran