Wanita Asal Brasil Dinobatkan Sebagai Petarung MMA Tersukses Sepanjang Sejarah

Rabu, 29 Januari 2020 20:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Jayne Kamin-Oncea/Getty Images
Atlet tarung asal Brasil yakni Cris Cyborg baru saja resmi dinobatkan sebagai petarung Mix Martial Arts (MMA) wanita tersukses sepanjang sejarah. Copyright: © Jayne Kamin-Oncea/Getty Images
Atlet tarung asal Brasil yakni Cris Cyborg baru saja resmi dinobatkan sebagai petarung Mix Martial Arts (MMA) wanita tersukses sepanjang sejarah.

INDOSPORT.COM – Atlet tarung asal Brasil yakni Cris Cyborg baru saja resmi dinobatkan sebagai petarung Mix Martial Arts (MMA) wanita tersukses sepanjang sejarah.

Melansir dari laman RT Sports, penobatannya tersebut ia dapatkan usai sukses memenangkan empat gelar sekaligus di empat promotor berbeda setelah mengalahkan Julia Budd.

Cyborg diketahui mampu membungkam Budd dalam empat putaran lewat keputusan TKO (Technical Knock Out) di turnamen MMA Bellator 238 pada akhir pekan lalu.

Pertarungan alot telah terjadi sejak ajang tersebut dimulai. Namun pada putaran keempat Cris Cyborg bertarung dengan sangat ganas dengan memberikan pukulan serta tendangan lutut tanpa henti hingga membuat Julia Budd tak berkutik.

Merasa lawannya telah tersudutkan, ia pun kembali memberikan bogem mentah dengan bonus tendangan yang akhirnya membuat Budds menyerah dan Cyborg dinyatakan menjadi juara.

Kemenangan tersebut mampu membuat wanita berusia 34 tahun itu menjadi petarung MMA pertama yang memegang gelar dunia di empat promotor berbeda yakni Bellator, UFC, Strikeforce dan Invicta FC.

Prestasi yang telah dipetiknya tersebut juga membuat ia tak kuasa menahan rasa gembiranya lantaran mampu mengalahkan sosok Budd yang juga merupakan salah satu petarung MMA wanita yang sulit dikalahkan.

"Saya respek dengan Julia Budd, apalagi sudah lama tak terkalahkan. Tapi kemenangan ini benar-benar membuat saya sangat bahagia. Ini adalah era baru dan saya senang menjadi juara Bellator,” ujar Cyborg.

Sekadar informasi, Cris Cyborg juga telah meminta kepada presiden Bellator, Scott Coker untuk membuat turnamen kelas bulu wanita untuk mengampanyekan kesetaraan gender dengan para petarung MMA pria.