Jelang Tanding di Akhir Pekan, Ronaldo Positif Terkena Virus Corona

Sabtu, 9 Mei 2020 16:41 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kabar buruk menimpa UFC 249 yang akan digelar akhir pekan ini. Petarung Ronaldo ‘Jacare’ Souza yang akan tampil di ajang itu malah positif terinfeksi corona.

Ronaldo Souza merupakan salah satu dari sejumlah petarung yang akan meramaikan ajang UFC 249 yang akan digelar akhir pekan ini di Florida. Ia dijadwalkan bertarung menghadapi Uriah Hall dalam ajang yang dilangsungkan di tengah pandemi corona yang masih terjadi di Amerika Serikat.

Sayangnya, keterlibatan Souza kini dipastikan batal setelah petarung 40 tahun itu justru diketahui positif terjangkit virus corona dalam tes yang dilakukan belum lama ini. Tidak cuma itu, dua anggota tim Souza pun juga dinyatakan positif terinfeksi.

Akibat hal itu, UFC pun segera menarik keterlibatan sang petarung dari ajang tersebut. Meski demikian, manajemen UFC tidak membatalkan keseluruhan acara tapi hanya duel yang melibatkan Souza.

“Tim medis UFC memeriksa Souza dan dua anggota timnya, serta mendapati mereka saat ini berada dalam kondisi asimtomatis dan tidak menunjukkan gejala Covid-19 apa pun,” ungkap promotor acara dalam penyataan yang dilansir ESPN.

“Sesuai protokol kesehatan dan keselamatan UFC, ketiga orang tersebut telah meninggalkan hotel dan akan menjalani isolasi mandiri di lokasi tersendiri. Tim medis UFC akan memonitor kondisi mereka dari jarak jauh dan menyediakan perawatan apa pun yang dibutuhkan.”

Souza sendiri sebelumnya sudah mengatakan kepada pihak UFC bahwa ada anggota keluarganya yang mungkin mengidap virus tersebut. Usai pengakuan itu pun manajemen UFC segera melakukan tes kepada sang petarung yang kemudian diketahui mendapatkan hasil positif.

Meski demikian, sebelum hasil tesnya keluar, Souza sudah sempat melakukan timbang badan bersama calon lawannya, meski ketika itu ia mengenakan masker dan sarung tangan.

“Kami melakukan tes terhadap 300 orang pekan ini,” kata Presiden UFC, Dana White. “Saya tidak menduga ada 1 orang yang dinyatakan positif. Tapi bagusnya, kini setelah tahu Jacare positif, dia bisa melakukan yang diperlukan dan kami bisa memberinya bantuan jika dia membutuhkannya.”