Workout Ala Francis Ngannou, Petarung MMA Kesayangan Mike Tyson

Rabu, 27 Mei 2020 10:48 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Josh Hedges/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC), Francis Ngannou secara rutin membagikan tips dan trik hidup sehat dengan melakukan workout sederhana. Copyright: © Josh Hedges/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC), Francis Ngannou secara rutin membagikan tips dan trik hidup sehat dengan melakukan workout sederhana.

INDOSPORT.COM – Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC), Francis Ngannou secara rutin membagikan tips dan trik hidup sehat dengan melakukan workout sederhana.

Ngannou yang merupakan salah satu petarung MMA kesayangan Mike Tyson, lantaran mampu tampil apik dan membuat legenda tinju itu tergila-gila di setiap pertandingannya, termasuk mengalahkan Jaizinho Rozenstruik hanya dalam 20 detik di UFC 249 pada 9 Mei lalu.

Petarung MMA asal Kamerun itu rutin dalam membagikan tips dan trik membuat tubuh tetap bugar di kanal YouTube-nya, salah satunya ialah lima tahap sederhana Home Boxing Workout yang bisa dilakukan saat menjalani karatina mandiri selama pandemi virus corona.

Tahap pertama ialah melakukan Shadow Boxing selama 1 menit. Menu latihan ini tidak pernah terlepas dari menu olahraga combat sport lantaran merupakan latihan dasar, di mana para petarung bisa membayangkan diri mereka menghadapi lawan dan gambaran tentang gerakan yang harus diperbaiki.

Tahap ini bertujuan untuk melatih kecepatan tangan, refleks, kelenturan tangan, dan footwork. Serta memiliki manfaat seperti melenturkan tubuh, membakar lemak, melatih kecepatan dan gerakan kaki.

Kedua, 30 detik melakukan Straight 1s dan 2s atau satu kali pukulan dalam 1 dan 2 detik. Teknik pukulan keras ini diarahkan lurus ke arah depan sambil menggunakan tangan rear. Tahap ini berguna untuk memastikan kecepatan dan power dalam pukulan anda.

Ketiga, kembali melakukan shadow boxing selama 1 menit dan kemudian dilanjutkan dengan tahap empat yakni Speed Uppercut selama 30 detik.

Teknik Uppercut adalah berupa pukulan pendek dalam tinju dan kerap menjadi andalan untuk membuat KO lawan. Dengan dikombinasikan dengan kecepatan maka pukulan ini bisa berbahaya. Maka tak heran jika Ngannou menyarankan untuk terbiasa berlatih tahap ini.

Kelima, core work atau melatih otot inti selama 60 detik. Tahapan ini memiliki manfaat untuk memperbaiki postur tubuh, melatih keseimbangan dan memaksimalkan kerja torso.