UFC 250: Buat Lawan Babak Belur, Amanda Nunes Cetak Rekor Baru

Minggu, 7 Juni 2020 12:19 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Jeff Bottari/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Petarung Mixed Martial Arts (MMA) wanita, Amanda Nunes, berhasil mempertahankan sabuk gelar juara featherweight di UFC 250, Minggu (07/06/20). Copyright: © Jeff Bottari/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Petarung Mixed Martial Arts (MMA) wanita, Amanda Nunes, berhasil mempertahankan sabuk gelar juara featherweight di UFC 250, Minggu (07/06/20).

INDOSPORT.COM – Petarung Mixed Martial Arts (MMA) wanita, Amanda Nunes, berhasil mempertahankan sabuk gelar juara featherweight di UFC 250, Minggu (07/06/20).

Pertarungan main card antara Amanda Nunes vs Felicia Spencer untuk memperebutkan gelar woman featherweight atau kelas bulu wanita di UFC APEX, Las Vegas, Amerika Serikat, berlangsung dalam lima ronde dan sangat seru.

Pada ronde pertama, Spencer langsung tancap gas dengan mendorong serta menyerang Nunes. Ia juga terus mencoba menyudutkan sang jawara bertahan, namun gagal lantaran Nunes memberikan serangan jab dan berhasil meraih kaki Spencer kemudian melakukan ground fighting.

Jual beli pukulan elbow yang mengenai wajah keduanya pun terjadi, hingga bel berakhirnya babak pertama dibunyikan, di mana Nunes berhasil melakukan strike sebanyak 20 kali, sementara Spencer hanya 1 kali.

Pada ronde kedua, Nunes yang bertanding lebih tenang beberapa kali sukses memberikan bogem mentah ke wajah lawanya. Petarung asal Brasil itu mampu kembali membanting lawannya, namun Spencer berhasil bangkit namun kepala bagian kirinya telah mengucurkan darah.

Pada ronde ketiga, pertarungan semakin seru dengan Nunes bertanding lebih gahar. Pukulan jabs-nya mampu membuat alat pelindung gigi Spencer terlepas. Dominasi petarung asal Brasil terus berlanjut dengan memberikan bantingan, headkick dan uppercut.

Ronde keempat, Spencer yang dahinya sudah benjol terus berusaha untuk mengalahkan Nunes meski nampaknya sulit lantaran rivalnya terus memberikan perlawanan. Total ada 108 pukulan, tendangan, dan sikutan yang dilakukan oleh Nunes kepada lawannya.

Duel semakin menegangkan pada ronde kelima dengan keduanya kembali mencoba mengalahkan satu sama lain dengan teknik kuncian. Bahkan laga sempat dihentikan sementara, lantaran luka yang dialami pada wajah Spencer.

Usai membuat Felicia Spencer (8-2-0) kesulitan melawan, akhirnya Nunes dinobatkan sebagai pemenang lewat keputusan Decision dengan poin sempurna 50-44, 50-44, 50-45.

Kemenangan ini juga membuat Nunes berhasil mempertahankan dua gelar juara featherweight dan bantamweight serta julukannya sebagai petarung MMA wanita terkuat di dunia sulit terbantahkan.

Tak hanya itu, ia juga dinobatkan sebagai petarung kedua yang memegang rekor win streak UFC terlama, di belakang Khabib Nurmagomedov dan menyamai catatan milik Kamaru Usman.

Amanda Nunes (20-4-0) juga menjadi petarung yang meraih kemenangan terbanyak UFC ketiga setelah Jon Jones, Anderson Silva, dan Jose Aldo.