Juara UFC Amanda Nunes Pertimbangkan untuk Pensiun

Senin, 15 Juni 2020 11:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© dailymail
Amanda Nunes, juara UFC 250 berencana pensiun. Copyright: © dailymail
Amanda Nunes, juara UFC 250 berencana pensiun.

INDOSPORT.COM – Petarung MMA wanita, Amanda Nunes, mempertimbangkan untuk pensiun setelah kemenangannya yang fenomenal di ajang UFC 250 beberapa waktu lalu.

Amanda Nunes berhasil mempertahankan sabuk gelar juara kelas woman featherweight atau kelas bulu, usai sukses mengalahkan Felicia Spencer dalam lima ronde lewat keputusan Decision dengan poin sempurna 50-44, 50-44, 50-45, di main card UFC 250 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat.

Usai pertarungan, wanita berjuluk ‘The Lioness’ itu mengemukakan rencananya tidak bertanding selama sisa tahun 2020 agar bisa fokus menjadi ibu dari putri pertamanya.

Bukan dalam artian Nunes akan melahirkan, putri pertamanya itu akan dilahirkan oleh kekasih sesama jenisnya yang juga seorang petarung MMA, Nina Ansaroff.

Namun sepekan kemudian, Nunes seperti menambah bara api hal itu dengan mengatakan akan pensiun dan beralih jadi pelatih calon atlet MMA wanita yang lebih junior darinya.

“Ah, saya tidak tahu, saya telah mencapai semua yang saya inginkan,” kata Nunes saat jadi bintang tamu acara TV Brasil Esporte Espetacular, dilansir dari MMA  Fighting.

“Saya baik-baik saja, saya bisa melanjutkan hidup saja, mungkin langkah baru, mungkin menemukan bakat baru, membantu beberapa pejuang wanita muda sana, mungkin jadi pelatih,” dia menjelaskan.

Meskipun nantinya Nunes benar-benar pensiun, wanita yang kini berusia 32 tahun itu tak khawatir bakal kehilangan peluang untuk meniti karier berikutnya. Karena dirinya yakini pihak UFC akan membukakan jalan untuknya.

“Suatu saat saya bisa pensiun. Anda tahu, dan saya pada saat itu bisa bertarung. Saya terus melaju, jika saya berhenti sekarang, UFC akan mendukung keputusan saya dan membantu saya terus mendapatkan uang dan pekerjaan.”

Ini bukan pertama kalinya Nunes berpikir akan pensiun. Beberapa bulan usai kemenangan ronde pertama atas juara bertahan Cris Cyborg kala itu, dia berpikir akan pensiun. Namun, lima bulan kemudian sebelumnya, dia kembali untuk mempertahankan gelar kelas bantam melawan Germaine de Randamie.

Nunes sendiri baru saja memecahkan rekor usai pertarungan UFC 2015. Kemenangan atas Spencer menjadikannya petarung UFC pertama yang mampu mempertahankan dua gelar juara yang digenggamnya.

Selain gelar juara kelas kelas bulu, Amanda Nunes juga sudah beberapa kali sukses mempertahankan juara kelas bantam yang digenggamnya sejak Juli 2016. Di kelas itu, ia bahkan menjadikan juara UFC yang paling lama mampu bertahan, baik di kategori pria maupun wanita.