5 Fakta yang Wajib Diketahui dari Petarung Muslim Juara UFC, Kamaru Usman

Minggu, 12 Juli 2020 22:51 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian
© Jeff Bottari/Zuffa LLC via Getty Images
Menyandang sabuk juara UFC kelas Welter, berikut fakta yang wajib diketahui dari pegulat muslim, Kamaru Usman. Copyright: © Jeff Bottari/Zuffa LLC via Getty Images
Menyandang sabuk juara UFC kelas Welter, berikut fakta yang wajib diketahui dari pegulat muslim, Kamaru Usman.

INDOSPORT.COM – Menyandang sabuk juara UFC kelas Welter, berikut fakta yang wajib diketahui dari pegulat muslim, Kamaru Usman.

Bertempat di Pulau Yas, Abu Dhabi digelar pertarungan UFC 251 dengan tajuk Fight Island antara Kamaru Usman vs Jorge Masvidal.

Sejatinya, Kamaru yang memegang sabuk juara UFC kelas Welter dijadwalkan berhadapan dengan Gilbert Burns. Sayang, lantaran Gilbert dinyatakan positif terkena virus corona, Jorge Masvidal kemudian muncul sebagai penantang.

Berlangsung dalam pertandingan sengit sepanjang lima ronde, Kamaru Usman pun berhasil keluar sebagai pemenang. Sekaligus mempertahankan sabuk gelar juara kelas welter UFC yang dipegangnya.

Keberhasilan Usman tersebut jelas menarik perhatian, khususnya buat para penggemar UFC di Indonesia, yang Sebagian besar hanya mengetahui nama Khabib Nurmagomedov sebagai pertarung UFC berlabel juara yang beragama Islam.

Sebab seperti Khabib juga, Usman juga merupakan seorang muslim. Bahkan Khabib dan Usman juga bukan sebatas saudara seiman, namun keduanya juga merupakan sahabata dekat di dunia gulat UFC.

Maka dari itu, untuk lebih mengenalkan siapa sebenarnya Kamaru Usman. Berkut INDOSPORT merangkumkan lima hal yang wajib diketahui dari juara kelas welter UFC tersebut.

Berasal dari Nigeria

Jika Khabib merupakan pegulat muslim yang berasal dari Rusia, Kamarul Usman berasal jauh dari Benua Afrika, tepatnya dari Nigeria.

Usman lahir pada 11 Mei 1987 di Kota Benin, ibukota Negara Bagian Edo, Nigeria. Usman pindah ke Amerika Serikat bersama keluarga, saat dirinya berusia lima tahun, demi mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Meski besar di Amerika Serikat, Usman tak sedikitpun kehilangan jati dirinya sebagai orang Nigeria. Terbukti misalnya dengan julukan yang hingga kini disandangnya sebagai ‘Nigerian Nightmare’.

Pegulat Berbakat

Jauh sebelum terjun ke dunia gulat UFC dan menyandang status juara, Kamaru Usman sudah tumbuh besar sebagai seorang pegulat berbakat sejak dirinya masih di bangku sekolah.

Selama bersekolah di Bowie High School di Arlington, Texas, Usman sudah bisa memegang rekor gulat fantastis 53 menang dan hanya kalah 3kali. 

Setelah lulus dan melanjutkan pendidikan di Universitas Nebraska. Dirinya terus bergulat secara kompetitif. Hingga mendapatkan penghargaan NCAA Divisi II All-America.

Semasa kuliah dirinya juga sudah bisa menyandang status sebagai juara nasional Divisi II NCAA 2010 dan anggota Tim Dunia Universitas pada tahun yang sama. 

Awal Karier UFC

Usman telah memiliki catatan 5-1 dalam karier profesional MMA di level sirkuit regional, ketika kemudian dirinya terjun ke ajang UFC pada Season 21 dari "The Ultimate Fighter" tahun 2015.

Dalam pertarungan pertamanya kala itu, Usman memperoleh kemenangan angka melawan Michael Graves. Selanjutnya dengan hasil kemenagan angka juga, dirinya bisa mengalahkan Steve Carl , yang membuatnya berhak melaju ke final UFC season 21 itu.

Di final itu akhirnya Usman berhasil mencatatkan kemenagan KO pertamanya melawan Hayder Hassan. Sehingga mengantarkannya sebagai petarung papan atas UFC.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%