Demi Menurunkan Berat Badan, Petarung UFC Ini Berubah Jadi 'Mumi'

Minggu, 12 Juli 2020 05:36 WIB
Editor: Isman Fadil
© Twitter/@LGS_MMA
Metode yang digunakan Petarung UFC, Jorge Masvidal, demi bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Copyright: © Twitter/@LGS_MMA
Metode yang digunakan Petarung UFC, Jorge Masvidal, demi bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

INDOSPORT.COM - Petarung UFC, Jorge Masvidal, memiliki cara unik untuk menurunkan berat badannya agar bisa bertarung melawan Kamaru Usman pada gelaran UFC 251 di Yas Island, Abu Dhabi, Minggu (12/07/20).

Awalnya, Kamaru Usman akan menghadapi Gilbert Burns dalam perebutan gelar juara kelas welter. Namun petarung asal Brasil itu positif terpapar virus corona saat menjalani tes. UFC pun memilih Masvidal sebagai lawan Usman.

Namun, Masvidal harus menurunkan berat badan agar bisa bertarung di kelas welter. Pasalnya petarung yang bertanding di kelas menengah ini harus berbobot maksimal 77 kg. Masividal sendiri memiliki berat badan 86 kg saat menyetujui pertarungan dengan Usman.

Praktis, syarat ini membuat atlet MMA asal Amerika Serikat harus dengan cepat menurunkan bobotnya dalam waktu seminggu. Caranya, seluruh tubuh Masvidal dibungkus dengan beberapa handuk, dan hanya menyisakan wajah layaknya mumi. Ini adalah salah satu cara bagi sorang petarung jika ingin menurunkan berat badannya dengan cepat.

Metode yang dilakukan Masvidal hanya membutuhkan waktu 6 hari saja. Meski berhasil mengurangi bobotnya, para penggemar merasa khawatir dengan kesehatan pemegang sabuk BMF saat bertarung dengan Usman.

"Kehilangan 20 pound (9 kg) dalam 6 hari. Itu saja yang ingin saya sampaikan. Saya berhasil meski itu sulit dilakukan. Tapi yang terpenting saya mencapai target (berat badan)," kata Masvidal, seperti dinukil dari MMA Fighting.

Meski cuma status sebagai petarung pengganti dengan persiapan yang mepet, Jorge Masvidal bakal menjadi jadi petarung yang diperhitungkan jika berhasil mengalahkan Kamaru Usman dalam perebutan gelar juara dunia UFC di kelas welter.