Mantan Juara UFC Akui Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual Dokter Predator

Sabtu, 10 Oktober 2020 18:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty Images
Mantan petarung UFC, Mark Coleman. Copyright: © Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty Images
Mantan petarung UFC, Mark Coleman.

INDOSPORT.COM – Mantan juara kelas berat UFC, Mark Coleman mengaku bahwa dirinya merupakan salah satu dari banyak atlet pria yang menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh dokter Richard Strauss.

Richard Strauss merupakan seorang dokter di Universitas Negeri Ohio, Amerika Serikat yang tersandung kasus pelecehan seksual yang dilakukan kepada ratusan mahasiswa laki-laki selama 20 tahun atau sejak tahun 1978 hingga 1998.

Salah satu yang menjadi korban kebejatan Strauss ialah Mark Coleman yang mengaku ia mendapatkan perlakuan tak pantas dari tersangka saat masih menjadi mahasiswa pada tahun 1986.

“Kami tak pernah mengira bahwa seorang pria bisa melakukan pelecehan seksual terhadapa sesama pria. Strauss telah memberikan pengaruh besar terhadap masa depan saya, meski tak tahu seberapa buruk perlakuannya yang telah dilakukan kepada saya,” kata Coleman, dilansir dari Sherdog.

“Namun saat mengingatnya membuat saya sangat marah. Semua orang membiarkannya melakukan ini karena situasinya rumit karena merasa tak berdaya. Hingga saat ini saya masih terkejut saat mengetahui seberapa buruk Strauss menghancurkan hidup banyak orang,” tambahnya.

Strauss diketahui sempat menjadi dokter konsultan untuk belasan program olahraga, dan melakukan pelecehan seksual dengan motif memeriksa latihan, ruang ganti dan kamar mandi para atlet.

Ia dipercaya telah melecehkan sejumlah mahasiswa yang menjadi atlet gulat, sepak bola, tenis, dan yang bahkan murid yang tidak memiliki kaitan dengan departemen atletik kampus. Tercatat, ia telah melakukan setidaknya 1.429 kasus pelecehan seksual dan 47 pemerkosaan.

Richard Strauss telah pensiun pada 1998 silam dan pindah ke California. Ia telah meninggal dunia karena bunuh diri pada 2005 setelah sempat mengeluh menderita sebuah sakit perut kronis dan depresi.

Mark Coleman sendiri merupakan mantan juara kelas berat UFC. Ia memutuskan pensiun dari ajang MMA usai kalah atas Randy Couture di UFC 109 pada 6 Februari 2010, dengan meninggalkan catatan rekor kemenangan 16-10-0.