68.1K

Mengenal Kuncian Mematikan Khabib yang Buat Justin Gaethje Langsung Nyerah di UFC 254

Minggu, 25 Oktober 2020 13:32 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty Images
Kuncian Khabib membuat Gaethje menyerah dalam gelar UFC di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Copyright: © Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty Images
Kuncian Khabib membuat Gaethje menyerah dalam gelar UFC di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

INDOSPORT.COMKhabib Nurmagomedov sukses buah Justin Gaethje langsung nyerah lewat kuncian mematikan triangle choke di UFC 254, Minggu (25/10/20) dini hari WIB.

Khabib dikenal sebagai petarung yang memiliki kehebatan dalam segi ground fighting atau pertarungan bawah. Sebagian besar kemenangannya berasal melalui submission berkat kecerdikannya dalam melakukan teknik kuncian mematikan.

Salah satunya ialah saat sukses membuat Gaethje menyerah di ronde kedua UFC 254 berkat melakukan kuncian triangle choke. Kala itu Khabib berhasil melakukan take down, dengan berada di belakang punggung Gaethje yang mencoba menghindari serangan The Eagle.

Namun Khabib dengan lincahnya langsung menekan tubuh Justin Gaethje lalu melancarkan kuncian dengan menggunakan kakinya yang melingkari leher The Highlight. Posisi ini pun membuat Gaethje terpojokkan dan kesulitan bergerak.

Apalagi momen saat Khabib Nurmagomedov terus memberikan tekanan terhadap leher lawannya, dan Gaethje berusaha mengangkat tubuhnya untuk memberikan bantingan badan rivalnya agar bisa lolos dari kuncian maut tersebut.

Namun sayang, ia tak bisa lepas dari cengkraman Khabib dan Justin Gaethje akhirnya melakukan tap out, yang menjadi akhir dari pertarungan keduanya dan Khabib sukses mempertahankan gelar juara sabuk kelas ringan UFC.

Kuncian yang dilakukan oleh Khabib terbilang keputusan yang tepat, lantara triangle choke di kenal sebagai salah satu teknik mematikan dalam dunia seni bela diri.

Triangle choke merupakan teknik yang menekan pembuluh nadi leher, di mana saat petarung menggunakan kuncian ini maka bisa membuat aliran darah ke otak menjadi terganggu, yang akhirnya membuat lawannya lemas dan menyerah.

Khabib Nurmagomedov memang sangat lihai dalam melakukan kuncian. Tercatat dari rekor kemenangan 29-0-0, ia sukses melakukan 11 submission diantaranya ialah triangle choke, rear-naked choke, neck crank, kimura, dan armbar. 

IDS Emoticon Suka
Suka
6%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
31%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
6%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
19%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
38%