11.7K

Daftar Petarung yang Pernah Bikin Conor McGregor Tersungkur di UFC

Sabtu, 30 Januari 2021 18:57 WIB
Editor: Juni Adi
© Jeff Bottari/Zuffa LLC/Getty Images
Kemenangan dustin poirier atas conor mcgregor di UFC 257. Copyright: © Jeff Bottari/Zuffa LLC/Getty Images
Kemenangan dustin poirier atas conor mcgregor di UFC 257.

INDOSPORT.COM - Pertarungan Conor McGregor melawan Dustin Poirier memang sudah lewat beberapa hari lalu. Meski begitu tetap saja ada hal yang menarik untuk diberitakan dari pertemuan tersebut.

Salah satunya adalah melihat siapa saja orang-orang yang pernah mengalahkan Conor McGregor di pentas UFC, sebelum Dutsin Poirier.

Petarung Amerika Serikat itu sendiri sukses mengalahkan McGregor dalam ajang UFC 257, yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Minggu (24/01/21) lalu.

Dalam prosesnya, The Notorious yang dikenal sebagai petarung hebat di MMA ini nyatanya tidak bisa berbuat banyak.

Ia takluk lewat technical knockout (TKO) pada ronde kedua, usai dihujani pukulan hook kiri serta jab kanan dari Poirier hingga terjatuh.

Tak lama kemudian wasit menyatakan Conor McGregor dianggap sudah tidak bisa melanjutkan duel dan dinyatakan kalah TKO.

Ini merupakan kekalahan knockout pertama McGregor selama kariernya di dunia MMA profesional.

Selain itu, McGregor juga gagal memetik kemenangan kedua atas Poirier. Sebelum ini, kedua petarung pernah berhadapan pada September 2014, tepatnya dalam ajang UFC 178.

Hasil ini juga membuat The Diamond -julukan Dustin Poirier- membalaskan dendam kekalahan sebelumnya atas McGregor di UFC 178 tujuh tahun lalu atau tepatnya pada 27 September 2014, serta memperbaiki catatan rekornya menjadi 26-6-0.

Sementara Conor McGregor harus puas dengan menyambut laga comebacknya dengan kekalahan serta rekornya semakin ternoda dengan catatan 22-5-0.

Pertarungan ini juga menjadi duel amal, di mana Conor McGregor menyumbangkan uang senilai 500 ribu dolar AS atau setara Rp7 miliar untuk yayasan amal milik Dustin Poirier.

Usut punya usut, ternyata kehebatan Conor McGregor bisa dikatakan mulai rapuh. Pasalnya, sudah ada dua petarung yang awalnya tidak terlalu kenal sukses membungkam petarung asal Iralandia itu.

Lantas, petarung siapa saja yang mampu menghentikan dominasi Conor McGregor sebelum Dustin Poirier.

Nate Diaz

Nate Diaz adalah sosok petarung pertama yang mampu mengalahkan Conor McGregor di ajang UFC. 

Momen itu terjadi ketika keduanya bertemu di UFC 196 (kelas welter) pada Maret 2016 lalu. Pria asal Amerika Serikat itu membuat McGregor tidak berdaya lewat submisson dengan teknik rear naked choke di akhir ronde kedua.

Setelah duel tersebut, kedua petarung kembali berhadapan pada UFC 202, Agustus 2016.  Hasilnya, McGregor sukses membalas kekalahan dari Nate Diaz lewat majority decision.

Khabib Nurmagomedov

Setelah Nate Diaz, inilah sosok yang akhirnya jadi idola baru di UFC setelah aksinya mengalahkan Conor McGregor yakni Khabib Nurmagomedov.

Pertarungan keduanya terjadi pada Oktober 2018 tepatnya dalam ajang UFC 229 (kelas ringan) dengan sarat penuh gengsi. Kala itu pertandingan berjalan sengit hingga menciptakan ronde keempat. 

Saat ronde ke-4 memasuki menit ketiga, petaka menghampiri McGregor. Dia lengah dan harus menerima kuncian dari Khabib Nurmagomedov.

The Eagle -julukan Khabib Nurmagomedov- yang mempunyai keunggulan dalam teknik kuncian tak menyia-nyiakan momen tersebut.

Sama seperti Nate Diaz, Khabib melancarkan teknik rear naked choke hingga membuat McGregor kehabisan akal. 

Conor McGregor yang tak kuasa menahan kuncian itu kemudian melakukan tap out dan Khabib dinyatakan sebagai pemenang.