In-depth

3 Petarung Muslim Calon Penerus Khabib Nurmagomedov di UFC

Jumat, 5 Februari 2021 10:14 WIB
Editor: Juni Adi
© Francois Nel/Getty Images
Islam Makhachev Copyright: © Francois Nel/Getty Images
Islam Makhachev

INDOSPORT.COM - Pensiunnya Khabib Nurmagomedov, membuat tiga petarug muslim ini disebut-sebut sebagai penerunya di ajang UFC.

Khabib Nurmagomedov membuat kecewa banyak orang lantaran membuat keputusan mengjutkan, yang menyatakan dirinya pensiun dari UFC pada Minggu (25/10/20) lalu.

Khabib gantung sarung tangan di usia yang terbilang masih sangat muda yakni 32 tahun. Berbeda dengan rival beratnya, Conor McGregor yang memilih kembali dari pensiun meski kini dirinya sering kalahan.

Khabib Nurmagomedov berhenti dari olahraga yang telah membesarkan namanya usai mengalahkan Justin Gaethje dalam pertarungan UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Permintaan sang ibunda, Patimat Nurmagomedov yang menjadi alasannya. Ia berpesan agar anaknya berhenti dari UFC, setelah ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia.

Patimat tidak ingin The Eagle bertarung tanpa didampingi ayahnya yang sejak merinti karier selalu menemaninya bertarung. 

"Hari ini saya mengatakan, ini pertarungan terakhir saya. Tak mungkin saya bisa datang ke pertarungan tanya ayah saya," ujar Khabib usai pertarungan (25/10/20).

"Setelah ayah saya meninggal, ibu saya bilang untuk tidak bertarung lagi. Saya berjanji kepadanya, bahwa ini akan menjadi pertandingan terakhir. Ketika saya sudah berjanji, saya harus menepatinya," lanjutnya.

Keputusan Khabib Nurmagomedov pensiun tentu mengejutkan banyak orang, karena ia berhenti saat kariernya sedang naik daun.

Selain itu, Khabib juga dikenal sebagai petarung tangguh di UFC dalam beberapa tahun terakhir lantarn memiliki rekor fantastis. 

Dia memenangi 29 kali pertarungan dan tak pernah kalah. Selain kehebatannya dalam bertarung di UFC, Khabib juga dikagumi karena sangat taat menjalankan agama Islam yang dianutnya.

Meski Khabib pensiun dari UFC, masih banyak pegulat Muslim lain yang siap mengikuti jejaknya bersinar di dunia gulat bebas tersebut. Siapa saja mereka?

1. Umar Nurmagomedov

Nama Umar Nurmagomedov memang asing didengar para pecinta UFC dunia, lantaran ia merupakan pendatang baru yang belum lama ini bergabung di kelas bulu.

Umar sendri tak lain adalah sepupu dari Khabib Nurmagomedov. Potensi dan usianya yang masih muda yaitu 24 tahu membuat namanya diyakini akan bisa mendulang sukses di UFC.

"Umar, sepupunya, pria lain yang tak terkalahkan. Harapannya Usman menjadi Luke Rockhold-nya Dagestan karena pria itu memiliki semuanya," kata pelatih Khabib, Javier Mendez seperti dikutip dari Insider.

2. Islam Makhachev

Islam Makhacev adalah atlet UFC yang saat ini tengah merintis karier dari kelas ringan. Meski begitu, ia memiliki syarat sebagai petarung hebat penerus Khabib Nurmagomedov.

Hal itu dibuktikan dengan rekor kemenangan yang cukup menawan di UFC, yakni meraih 18 kali menang dan baru satu kali kalah.

Dari 18 kemenangan di UFC itu, Islam Makhachev meraihnya lewat tiga KO, tujuh kuncian dan delapan keputusan. Saat ini Islam Makhachev berusia 29 tahun.

Islam Makhachev meraih enam kemenangan beruntun. Dia seharusnya juga berlaga di UFC 254, namun terpaksa ditunda karena sang lawan Rafael dos Anjos positif Covid-19.

3. Usman Nurmagomedov

Satu lagi sepupu Khabib Nurmagomedov yang siap menggebrak di jagat dunia gulat bebas adalah Usman Nurmagomedov. Namun dirinya mengambil jalan berbeda karena berkarier di ajang Bellator MMA.

Meski begitu tidak membuat kemampuan Usman redup. Ia justru berjaya di Bellator MMA, dengan meraih 11 kemenangan (tujuh KO, tiga kuncian dan satu keputusan).

Bukan tidak mungkin Usman Nurmagomedov akan menyeberang dan ikut bergabung bersama UFC di masa depan.