Kamaru Usman, Calon Petarung Kuat di UFC Seperti Khabib Nurmagomedov

Senin, 1 Maret 2021 19:34 WIB
Editor: Juni Adi
© Mike Roach/Getty Images
Kamaru Usman Copyright: © Mike Roach/Getty Images
Kamaru Usman

INDOSPORT.COM - Nama Kamaru Usman belakangan ini tengah menjadi buah bibir di kalangan para pecinta olahraga gulat UFC. Namanya mulai melejit dan menjadi salah satu bintang UFC saat ini, berkat banyak kemenangan yang dia raih.

Sejak menekuni karier sebagai petarung profesional, Usman memiliki rekor 17 kemenangandan hanya menelan satu kekalahan. Satu-satunya petarung yang mampu mengalahkannya adalah Jose Caceres pada laga kedua ajang CFA.

Namun sejak bergabung tahun 2015 dan bertarung di bawah bendera UFC, Usman selalu menang dalam 13 pertandingan yang sudah ia jalani.

Sabuk kelas welter pun melingkar di pinggangnya sejak ia menaklukkan Tyron Woodley pada 2019. Usman pun sudah sukses tiga kali mempertahankan gelar kelas welter yaitu ketika duel lawan Colby Covington, Jorge Masvidal dan Gilbert Burns.

Rekor impresif tersebut didapat tidak lepas dari teknik bertarung Usman yang mengesankan. Ia punya teknik gulat yang hebat dan hal ini yang membuat ia bisa mendominasi pertarungan.

Serta mendapatkan kemenangan angka lewat keputusan menang angka mutlak alias tiga juri yang ada selalu memenangkannya.

Kehebatan Kamaru Usman dalam ajang UFC tentu mengingatkan publik dengan sosok Khabib Nurmagomedov.

Seorang petarung asal Rusia yang dikenal hebat dan kuat di UFC dalam beberapa tahun belakangan. Akan tetapi aksi Khabib tidak bisa bisa lagi dinikmati oleh publik, lantaran ia sudah memutuskan pensiun.

Samai Rekor Khabib Nurmagomedov

Usman dan Khabib dikenal mempunyai hubungan dekat lantaran sama-sama bernaung di manajemen Dominance MMA.

Karier keduanya pun cemerlang di bawah bendera organisasi MMA yang bermain di UFC yang dipimpin oleh Dana White itu. 

Akan tetapi Khabib lebih dahulu bergabung pada tahun 2012, sedangkan Usman tahun 2015. Kendati demikian, Usman dengan cepat bisa menyamai prestasi yang dimiliki oleh sosok berjulukan The Eagle itu.

Usman telah berhasil meraih 13 kemenangan beruntun, yang berarti sukses menyamai rekor kemenangan milik Khabib Nurmagomedov di UFC.

Soal kemenangan beruntun, Usman hanya kalah dari Anderson Silva sebagai pemilik catatan tak terkalahkan dalam 16 kali pertarungan di UFC.

Melalui 13 kemenangan beruntun itu, Usman berarti telah resmi menjadi peraih kemenangan beruntun terbanyak di kelas welter UFC dengan melewati Georges St-Pierre, yang memiliki 12 kemenangan berturut-turut.

Selain itu, Usman juga berhasil menyamai pencapaian Khabib lainnya yakni dalam mengamankan gelar juara UFC.

Usman dan Khabib sama-sama menjaga sabuk juara UFC di divisi masing-masing sebanyak tiga kali sejak memiliki titel. Khabib berhasil mempertahankan gelar juaranya dari buruan Conor McGregor, Dustin Poirier, dan Justin Gaethje. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%