In-depth

Selain Calon Lawan Jeka Saragih Jago Grappling, 5 Petarung UFC Ini Juga Punya Grappling Mematikan

Jumat, 13 Oktober 2023 03:39 WIB
Editor: Juni Adi
© twitter@ufc
Pertarungan antara Jeka Saragih vs Anshul Jubli di UFC Vegas 68. (Foto: twitter@ufc) Copyright: © twitter@ufc
Pertarungan antara Jeka Saragih vs Anshul Jubli di UFC Vegas 68. (Foto: twitter@ufc)

INDOSPORT.COM - Lima petarung UFC ini memiliki kemampuan grappling atau teknik kuncian yang mematikan, seperti calon lawan Jeka Saragih, Jesse Butler nanti.

Waktu yang ditunggu-tunggu publik pecinta olahraga seni bela diri campuran (MMA) di Indonesia terkait kapan petarung Jeka Saragih tampil di UFC akhirnya bisa terjawab.

Pria asal Sumatera Utara itu bakal melakoni debut di oktagon pada 19 November 2023 mendatang melawan Jesse Butler di UFC Apex, Las Vegas, Amerika Serikat.

Kepastian pertandingan Jeka Saragih itu dibagikan oleh akun Instagram Mola, sebagai official broadcaster UFC di Indonesia. 

Di UFC, Jeka Saragih akan berlaga di kelas bulu (65,8 kilogram). Ia memilih turun kelas dari divisi lightweight atau ringan.

"Mungkin pindah kelas ini keputusan bersama dengan tim. Tapi yang pasti, pindah kelas ini sangat menguntungkan. bisa dibilang dari segi postur tubuh, dari jangkauan, banyaklah," kata Jeka kepada rekan media.

"Tapi ada ruginya, satu yaitu saya harus diet ekstra. Karena saya kan turun berat badan kan sangat banyak, makanya dietnya harus panjang. Bisa jadi nanti sekitar 15-20 kilogram."

"Tapi itu sebagian dari perjuangan, kalau mau juara harus berjuang," ujar Jeka Saragih. Lantas seperti apa sosok calon lawannya.

Namun lawan yang dihadapi oleh Jeka Saragih tidak akan mudah, ia akan berhadapan dengan Jesse Butler (12-5-0) di kelas bulu (featherweight).

Jesse Butler bukanlah lawan sembarangan, lantaran petarung asal Amerika Serikat itu merupakan seorang grapler.

Tercatat Jesse Butler sukses meraih delapan kemenangan lewat kuncian alias grappling atau submission sepanjang karier profesionalnya.

Mendapatkan lawan Jesse Butler yang merupakan ground fighter atau petarung yang mahir dalam pertarungan bawah tentu menjadi ujian besar bagi Jeka Saragih.

Di UFC sendiri, banyak petarung yang memiliki kemampuan grappling mematikan.

Dalam teknik ini, petarung harus memiliki kekuatan yang besar agar mampu membuat lawan jatuh hingga berakhir dengan kuncian. Berikut beberapa petarung lain yang memiliki grappling paling ditakuti: