Update P4P Ranking UFC: Islam Makhachev Berkuasa, Kamaru Usman Makin Jeblok

Kamis, 23 November 2023 11:02 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Jeff Bottari/Getty Images
Update ranking Pound-for-Pound (P4P) UFC, di mana Islam Makhachev masih berkuasa di puncak, dan Kamaru Usman posisinya makin jeblok. Foto: Jeff Bottari/Getty Images. Copyright: © Jeff Bottari/Getty Images
Update ranking Pound-for-Pound (P4P) UFC, di mana Islam Makhachev masih berkuasa di puncak, dan Kamaru Usman posisinya makin jeblok. Foto: Jeff Bottari/Getty Images.

INDOSPORT.COMUpdate ranking Pound-for-Pound (P4P) UFC, di mana Islam Makhachev masih berkuasa di puncak, dan Kamaru Usman posisinya makin jeblok.

UFC belum lama ini kembali meng-update atau memperbrui posisi ranking P4P atau lintas divisi di organisasi MMA bergengsi ini.

Pada update kali ini sejatinya tak banyak perubahan terutama di posisi papan atas, di mana Islam Makhachev masih berkuasa di puncak.

Sebelumnya, Islam Makhachev berhasil mempertahankan gelar juara kelas ringan usai mengalahkan Alexander Volkanovski di UFC 294, lewat KO (head kick and punches) di ronde pertama.

Dirinya berhasil melengserkan Jon Jones, yang gagal tampil di UFC 295 beberapa waktu lalu karena mengalami cedera.

Di sisi lain, ada perubahan di papan bawah di mana Kamaru Usman poisisinya terus jeblok menyusul sejumlah kekalahannya.

Kamaru Usman sendiri merupakan peraih sabuk juara kelas welter, namun ia kehilangan gelarnya setelah kalah dari Leon Edwards lewat KO di UFC 278 pada Agustus 2022 lalu.

Sejak rekor win streak-nya berakhir, Kamaru Usman terus mengalami tiga kekalahan beruntun dalam kariernya baru-baru ini, dan turun ke peringkat ke-14.

Ia kembali kalah saat rematch melawan Leon Edwards kala berusaha merebut gelarnya lagi, namun takluk lewat unanimous decision. Yang terbaru, ia kalah dari Khamzat Chimaev lewat unanimous decision di UFC 294 pada Oktober 2023.

Untuk lebih lengkapnya, berikut update P4P ranking UFC di mana Islam Makhachev masih berkuasa dan Kamaru Usman posisinya jeblok.