Ini 5 Maskot Olimpiade Paling 'Unyu' Sepanjang Sejarah

Sabtu, 7 November 2015 09:02 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Olimpiade adalah ajang olahraga internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga.

Olimpiade sendiri merupakan kompetisi olahraga terbesar dan paling terkemuka di dunia dengan lebih dari 200 negara yang ikut berpartisipasi.

Di Indonesia, Olimpiade yang sering dikenal dan secara rutin diikuti adalah Olimpiade Musim Panas. Indonesia sendiri pertama kali berpartisipasi pada Olimpiade Helsinki 1952 di Finlandia, dan tak pernah absen berpartisipasi pada tahun-tahun berikutnya, kecuali pada tahun 1964 dan 1980.

Maskot Olimpiade mulai diperkenalkan pada tahun 1968 yang biasanya berupa binatang atau sosok manusia yang mewakili warisan budaya Negara tuan rumah.

Pemilihan maskot mulai berperan penting dalam mempromosikan identidas Olimpiade pada penyelenggaraan Olimpiade Moskwa 1980, di Rusia dengan mengambil maskot beruang Misha yang jadi sangat terkenal.

Sejak penampilan maskot pertama pada sejarah Olimpiade yang diselenggarakan di Munich pada tahun 1972, maskot olimpiade telah menjadi elemen utama dari simbol Olimpiade yang mewakili spirit dan penyemangat dalam Olimpiade.

INDOSPORT mengangkat 5 maskot Olimpiade paling unik dan lucu yang dalam bahasa anak muda sekarang disebut 'unyu' yang pernah diperkenalkan sepanjang sejarah Olimpiade.

6