Pencak Silat Akan Diperjuangkan Agar Tetap Eksis di Asian Games 2022

Sabtu, 1 September 2018 06:44 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pesilat Indonesia, Amri Rusdana (sabuk biru) melawan Pesilat Uzbekistan, Nurulla Saidov pada babak 16 besar Kelas F Putra 70kg-75kg di Padepokan Pencak Silat TMII, Rabu (23/08/18). Amri menang 5-0 atas lawannya. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pesilat Indonesia, Amri Rusdana (sabuk biru) melawan Pesilat Uzbekistan, Nurulla Saidov pada babak 16 besar Kelas F Putra 70kg-75kg di Padepokan Pencak Silat TMII, Rabu (23/08/18). Amri menang 5-0 atas lawannya.

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga pencak silat meraih sukses besar dalam gelaran Asian Games 2018. Total, kontingen Indonesia untuk cabor ini mampu mendulang 14 medali emas.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) lantas begitu mengapresiasi raihan medali tersebut. KOI pun berjanji akan memperjuangkan cabang olahraga pencak silat untuk tetap dipertandingkan di Asian Games 2022 di China mendatang.

"Kita akan perjuangkan silat bisa dipertandingkan di Asian Games 2022 yang salah satunya meyakinkan tuan rumah China. Kita akan lakukan lobi," kata Wakil Ketua KOI, Mudai Maddang seperti dilansir Antara.

Namun, perjuangan KOI untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah. KOI harus mendapatkan dukungan dari 20 negara lain agar cabor pencak silat tetap berlaga di Asian Games selanjutnya.

"Kita akan terus mengupayakan termasuk menjalin komunikasi dengan negara lain. Untuk Asian Games 2018 ada 16 negara yang berpartisipasi," ungkap Mudai.

Sementara itu, menurut pelatih kepala tim pencak silat Indonesia, Rony Syaifullah, pihaknya akan secepat mungkin memulai kontak dengan negara lain. Rencananya, Rony akan melakukan komunikasi dengan negara lain pada kejuaraan dunia, Desember mendatang.

"Desember nanti ada kejuaraan dunia. Di situ kita juga akan menjalin komunikasi dengan banyak pihak dari negara lain," 

Cabor pencak silat sendiri terbilang sebagai cabor anyar di perhelatan Asian Games. Pencak silat baru pertama kali dipertandingkan pada Asian Games 2018 ini.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbia Asian Games 2018 di INDOSPORT.